LatestTRIPFOOD

5 Kudapan yang Bisa Dinikmati saat Waktu Luang

Trippers – Masa pandemi membuat semua orang banyak menghabiskan waktu dirumah. berbagai kegiatan pun dilakukan untuk menghilangkan rasa jenuh. salah satunya berkreasi dengan membuat beberapa kudapan untuk menemani waktu santai. Berikut ini 5 kudapan khas Indonesia yang bisa kamu coba buat dan nikmati untuk menemani waktu luangmu.

1. Cimplung

Foto : cookpad.com

Cimplung berbahan utama singkong dan gula jawa. Kudapan asal Banyumas ini mengenyangkan dan juga rasa manisnya yang bikin lidah klepek-klepek. Cara membuatnya juga gampang! Cukup merebus air bersama gula jawa, garam, dan daun pandan hingga mendidih. Lalu masukkan singkong yang telah dipotong-potong dan tunggu cimplung hingga empuk dan matang.

2. Pempek Sambal

Foto : cookpad.com

Kalau pempek khas Palembang asli berbahan dasar ikan, maka beda hal dengan pempek sambal, Kamu hanya membutuhkan tepung terigu dan tepung tapioka. Uleni adonan menjadi satu kemudian digoreng dalam bentuk pipih.

Ketika pempek matang, guyur pempek dengan sambal yang terbuat dari bawang putih, cabai merah, dan garam.

3. Otak-otak Ikan Pipih

Foto : cookpad.com

Banjarmasin, Kalimantan Selatan memiliki kudapan khas yaitu otak-otak berbentuk pipih bukan lonjong.

Bahan utamanya adalah ikan pipih yang diuleni bersama bahan lain meliputi santan, kelapa parut, telur, dan bumbu yang kemudian dibentuk bulat pipih lalu digoreng. Otak-otak ikan pipih tidak punya sambal khusus, kamu dapat mencolekkannya ke saus sambal.

4. Kerupuk Basah

Foto : www.inspiradata.com

Kerupuk basah menjadi kudapan cukup populer di Kalimantan. Menikmati kerupuk basah sama seperti menyantap pempek lenjeran karena bentuk serta bahan pembuatan kedua makanan ini sama yaitu ikan dan tepung sagu.

Bukan cuko, kerupuk basah dinikmati dengan cara dicocol ke saus sambal yang terbuat dari kacang tanah yang telah digoreng kemudian dihaluskan ditambah cabai dan bawang.

5. Kue Jongkong

Foto : lifestyle.okezone.com

Kue jongkong hampir serupa dengan kue tetu khas Sulawesi yang berbahan dasar dari tepung beras, tepung terigu, gula aren, dan daun pandan. Kue jongkong dimasak dengan cara dikukus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *