Uncategorized

Amalan Baik yang Bisa Kamu Lakukan Selama Ramadhan

Trippers.id – Tahukah kamu kalau Allah lebih menyukai amalan kecil yang dilakukan secara terus menerus daripada amalan besar namun tidak dilakukan secara istiqomah? Jadi, seandainya kamu belum sanggup melakukan banyak amalan besar, kerjakan dulu saja amalan-amalan kecil namun rutin setiap hari.

Nah, beberapa amalan kecil berikut bisa kamu terapkan setiap hari untuk semakin mendulang pahala. Terlebih dilakukan saat bulan Ramadan, insyaallah pahalanya bakal semakin besar.

1. Wudu dengan sempurna

Foto : kaltim.tribunnews.com

Diriwayatkan oleh imam Bukhari bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat nanti dalam keadaan dahi, kedua tangan, dan kaki mereka bercahaya, karena bekas wudhu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

2. Membaca Al-Qur’an

Foto : manado.tribunnews.com

Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya, dan aku tidak mengatakan الٓمٓ satu huruf akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi).

3. Salat berjamaah di masjid

Foto : satujam.com

Diriwayatkan oleh Al-Imam Muslim bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

“Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu dia berjalan menuju salah satu dari rumah Allah (yaitu masjid) untuk menunaikan kewajiban yang telah Allah wajibkan, maka salah satu langkah kakinya akan menghapuskan dosa dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajatnya.” (HR. Muslim).

4. Salat sunah sebelum subuh

Foto : pontianak.tribunnews.com

Diriwayatkan oleh Al-Imam Muslim bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

“Dua rakaat fajar (salat sunah qobliyah subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim).

5. Berzikir setelah subuh di masjid

Foto : bincangsyariah.com

“Barangsiapa salah subuh berjamaah, kemudian dia duduk untuk berzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian dia salat dua rakaat, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah, sempurna sempurna sempurna.” (HR. At-Tirmidzi).

Masih banyak lagi amalan baik yang bisa kamu lakukan selama bulan suci ini ya Trippers, ibadah yang kamu lakukan adalah termasuk suatu amalan baik yang kamu jalankan. jadi mari kita manfaatkan bulan suci dan penuh amalan ini untuk berlomba-lomba mengumpulkan pahala. semoga puasamu berjalan lancar ya Trippers.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *