TRIPWORLD

5 Fakta Mont Saint Michel di Prancis

Trippers.id – Mont Saint Michel adalah pulau yang terletak Normandy, tepatnya sekitar satu kilometer dari pesisir utara Prancis. Mont Saint Michel merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal di Prancis dan didatangi banyak pengunjung setiap tahunnya. Pulau ini hanya dihuni oleh 44 penduduk yang sebagian besarnya adalah biarawan dan biarawati.

Meskipun termasuk pulau kecil, Mont Saint Michel memiliki banyak hal yang membuatnya menarik untuk dikunjungi.

Berikut 5 fakta menarik dari Mont Saint Michel yang harus kamu tahu.

1. Mengapung saat terjadi air pasang

Pulau ini memiliki keunikan yaitu saat terjadi air pasang akan mengapung.

Mont Saint Michel awalnya terhubung dengan daratan melalui sebuah jembatan yang terbentuk secara alami. Saat terjadi air pasang, jembatan tersebut akan tertutup oleh air dan akan kembali terlihat saat terjadi pasang surut. Hal inilah yang membuat Mont Saint Michel juga disebut sebagai pulau pasang.

2. Bisa diakses dengan jalan kaki

Jarak pulau yang hanya 600 meter dari bibir pantai membuat Mont Saint Michel mudah untuk diakses. Untuk pergi ke Mont Saint Michel, kamu bisa berjalan di daratan yang terlihat seperti laut terbelah saat air sedang surut.

Perjalanan menuju pulau ini akan memberikan sensasi yang berbeda karena seperti berjalan di tengah lautan. Pada saat terjadi pasang, kamu juga bisa mengakses Mont Saint Michel dengan menggunakan jembatan yang sudah dibangun.

3. Memiliki peran penting dalam sejarah Prancis

Berada di Selat inggris yang merupakan pemisah antara daratan Prancis dan Inggris, membuat Mont Saint Michel memiliki peranan penting dalam sejarah Prancis. Mont Saint Michel berfungsi sebagai benteng pertahanan pada Perang Seratus Tahun melawan Inggris.

Pada perang ini, pasukan dari Inggris berulang kali melakukan penyerangan terhadap pulau ini tetapi tidak bisa ditembus karena pertahanannya yang kuat.

4. Terkenal dengan pemandangan bagai di negeri dongeng

Daya tarik dari Mont Saint Michel terletak pada pemandangan dan nuansa dari pulau tersebut. Jalanan berliku yang ada di kota memberikan nuansa kota tua abad pertengahan dan seperti di film fantasi, salah satunya film Harry Potter.

Tempat lain yang membuat Mont Saint Michel ini bernuansa bak negeri dongeng adalah pemandangan dari benteng kotanya. Dari benteng tersebut tampak pemandangan indah ke arah selat dan daratan lumpur yang ada di sekeliling pulau.

Selain daratan lumpur, terdapat juga padang rumput berair tawar yang biasanya digunakan sebagai tempat domba mencari makan.

5. Kompleks biara berarsitektur kastil kuno

Objek wisata yang wajib dikunjungi saat ke Mont Saint Michel adalah biaranya. Biara ini dibangun sekitar abad ke-11 yang menurut legenda dibangun atas wahyu dari malaikat Michael yang mendatangi Uskup di kota Avranches pada tahun 708 dan memerintahkannya untuk membangun sebuah biara di sebuah pulau kecil berbatu.

Bangunan biara yang berbentuk seperti kastil kuno megah dan berada di puncak pulau membuat lokasi wisata ini tak boleh dilewatkan. Selain itu, jika beruntung kamu bisa mendengar nyanyian paduan suara biarawan dan biarawati yang merdu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *