TRIPTIPS

Tips Makan Sahur Agar Lancar Menjalankan Puasa

Trippers.id – Ketika akan berpuasa, menjalani ibadah sahur menjadi begitu penting dilakukan untuk memberi energi yang cukup bagi tubuh. Namun, makan sahur bukanlah sembarang makan. Kamu harus memperhatikan betul gimana kamu sahur supaya tubuh tetap mendapat asupan gizi yang cukup dan badan kamu tetap bertenaga selama puasa.

Beberapa tips berikut bisa kamu sontek, nih. Dijamin, kamu bakal tetap merasa bugar selama berpuasa seharian.

1. Mengakhirkan makan sahur

Foto : lifestyle.okezone.com

Maksud dari mengakhirkan makan sahur adalah kamu sebaiknya makan sahur mendekati waktu sebelum fajar atau sebelum adzan subuh. Selain hal ini termasuk dalam sunah yang dilakukan saat sahur, makan sahur mendekati adzan subuh bisa memberimu durasi puasa yang lebih pendek dibanding jika kamu makan sahur beberapa jam sebelum fajar tiba.

2. Awali dengan konsumsi buah

Foto : lifestyle.okezone.com

Buah sebaiknya tetap menjadi salah satu menu yang masuk dalam daftar sahur kamu. Nah, jika ingin konsumsi buah, makanlah sekitar 20 menit sebelum makan sahur. Hal ini bertujuan agar kandungan gula yang tersimpan di dalam buah dapat dicerna secara sempurna.

Mengkonsumsi buah setelah makan sahur, yang mana termasuk kategori makan besar, justru berpotensi membuat pencernaan kamu bermasalah. Selain itu, kandungan nutrisi pada menu makan sahur juga terancam gak bisa terserap secara sempurna oleh tubuhmu.

3. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

Foto : www.rsi.co.id

Kamu harus perhatikan betul kandungan gizi yang terdapat di menu sahur kamu. Pastikan kamu mengkonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan sayur. Porsinya tentu gak perlu berlebihan, agar perutmu gak meledak akibat kekenyangan. Bikin variasi menu setiap hari agar kamu gak bosan.

4. Minum jus kurma

Foto : doktersehat.com

Untuk menambah daya tahan tubuhmu selama berpuasa, anjuran makan kurma bisa kamu lakukan juga. Supaya konsumsi buah kurma ini lebih segar, kamu bisa membuat jus kurma. Caranya mudah banget, lho.

  • Rendam 5-7 butir kurma yang telah dihilangkan bijinya ke dalam air secukupnya selama semalaman.
  • Blend kurma rendaman tadi dengan susu UHT putih secukupnya. Agar lebih nikmat, bisa menggunakan susu dengan kondisi dingin.
  • Jus kurma sudah siap dikonsumsi.

Minum jus kurma ini juga sebaiknya sebelum makan sahur, ya Trippers.

5. Tutup sahurmu dengan minum air putih

Foto : samudranesia.id

Terakhir dan paling penting tentu saja perbanyak minum air putih. Selain saat sahur, minum air putih juga harus kamu konsumsi dengan takaran yang cukup saat berbuka puasa dan menjelang tidur. Hal ini bertujuan agar tubuh kamu tetap mendapat asupan cairan yang mencukupi meski sedang berpuasa.

Cukup mudah dilakukan, ya? Ayo, saat sahur di bulan Ramadan nanti kamu bisa langsung mempraktikkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *