LatestTRIPFOOD

5 Oleh-oleh Khas Situbondo yang Wajib Dicoba

Trippers – Situbondo merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Timur. Situbondo memiliki potensi wisata alam dan kekayaan budaya yang mengagumkan. Beberapa tempat wisata yang terkenal meliputi wisata Kampung Kerapu, Pantai Pasir Putih, Taman Nasional Baluran, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, setelah puas menjelajahi destinasi wisata menarik di Situbondo, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khasnya ya. Kira-kira ada apa saja? Yuk simak uraiannya berikut ini.

  1. Mangga
Foto : www.bukalapak.com

Mangga yang berasal dari Situbondo dikenal memiliki kualitas premium. Ada dua jenis mangga dari daerah ini, yaitu mangga madu dan mangga arum manis. Rasanya manis dengan daging buah yang tebal dan berwarna terang. Harga per kilo mencapai Rp25.000.

  1. Batik Situbondo
Foto : alfinrusmindari.wordpress.com

Batik Situbondo memiliki motif yang khas, yaitu berkaitan dengan alam pesisir dan penggunaan warna-warna yang kontras. Beberapa nama motifnya yang terkenal yaitu gelang bahari, kerang tempel, dan kerang bertopeng. Kisaran harganya mulai dari Rp180.000 per lembar kain batik.

  1. Gula Aren
Foto : shopee.co.id

Gula aren terbuat dari buah pohon aren. Dibandingkan dengan daerah lain, gula aren khas Situbondo memiliki aroma yang lebih khas. Gula aren banyak ditemui di dusun Hulu, desa Patemon, kecamatan Bungatan. Harganya mulai dari Rp13.000 per 250 gram.

  1. Rengginang Cumi
Foto : shopee.co.id

Rengginang cumi terbuat dari adonan beras ketan, cumi, dan bumbu-bumbu pilihan. Adonan tersebut dicetak lalu dijemur hingga kering. Setelah itu rengginang cumi digoreng sampai renyah. Rasanya gurih. Harganya sekitar Rp20.000 per kemasan isi 250 gram.

  1. Manisan Kelapa
Foto : www.javatravel.net

Manisan kelapa terbuat dari buah kelapa setengah tua yang telah diiris, air, gula pasir, dan pewarna makanan. Rasanya manis dan gurih, dapat ditemukan di toko oleh-oleh di Situbondo. Harga manisan kelapa dibanderol mulai dari Rp50.000 per 500 gram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *