LatestTRIPSPOT

5 Tempat Berkemah di Jogja dengan Pemandangan yang Indah

Trippers – Berlibur gak melulu harus menginap di hotel atau resor mewah. Kamu juga bisa menghabiskan waktu liburan dengan cara berkemah.

Berkemah tentu saja bakal asyik banget kalau kamu memilih tempat yang tepat. Pemilihan tempat menjadi hal terpenting, karena bisa memengaruhi mood dan kelancaran aktivitas selama berkemah.

Nah, kalau kamu sedang atau akan berlibur di Yogyakarta, ada beberapa tempat berkemah yang asyik dan syahdu dengan pemandangannya yang indah. Cocok banget untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Berikut daftarnya.

1. Waduk Sermo

Foto : tripjogja.co.id

Waduk Sermo berlokasi di Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Kamu bisa mendirikan tenda dan berkemah di pinggir danau di sini.

Waduk Sermo menawarkan tempat berkemah yang bersih dan tenang. Fasilitasnya pun cukup lengkap. Biaya berkemah sekitar Rp10-15 ribu per orang.

Kalau gak punya tenda, kamu bisa menyewanya di sekitar lokasi. Sembari berkemah, kamu juga bisa berkeliling danau menggunakan perahu kecil dengan biaya sekitar Rp50 ribu.

2. Gunung Api Purba Nglanggeran

Foto : njogja.co.id

Gunung Api Purba Nglanggeran berada di Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Spot satu ini juga gak kalah syahdu.

Kamu bisa memilih berkemah di puncak gunungnya atau di pinggir embung. Dua-duanya punya pemandangan yang menawan.

Tinggi gunung ini hanya sekitar 900 meter di atas permukaan laut. Jadi, kalau mau berkemah di area puncak pun masih aman. Jalurnya pun sudah tertata rapi dan jelas.

3. Puncak Bukit Kosakora

Foto : www.alodiatour.com

Puncak Bukit Kosakora berlokasi di Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Spot ini menawarkan tempat berkemah dengan pemandangan laut lepas yang sangat menawan.

Puncak Bukit Kosakora berada di ketinggian sekitar 50 mdpl. Tempatnya tenang dan jauh dari ingar bingar perkotaan.

4. Pantai Widodaren

Foto ; pidjar.com

Jika memilih pantai sebagai tempat berkemah, ada beberapa spot rekomendasi yang bisa kamu pilih. Salah satunya Pantai Widodaren. Kamu bisa mendirikan tenda di atas tebing karang dan area padang rumput di atas pantai.

Disarankan berkemah saat air sedang surut, sehingga kamu bisa turun dari tebing dan bermain di hamparan karang dan pasir putih pantai. Lokasinya berada di Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul.

5. Pantai Kesirat

Foto : www.pantainesia.com

Selain Pantai Widodaren, ada pula Pantai Kesirat yang berada di Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Konsep berkemah di sini sama seperti di Pantai Widodaren, yakni di atas tebing pinggir laut.

Tebingnya memiliki tinggi sekitar 30 meter dan langsung menghadap laut lepas. Selain berkemah, spot ini juga sangat cocok untuk aktivitas rock fishing atau memancing dari atas tebing.

Biaya berkemah di sini hanya Rp10 ribuan. Namun, kamu harus menyediakan bekal yang cukup, karena spot ini masih minim fasilitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *