LatestTRIPFOOD

5 Kuliner Khas Lamongan yang Menggugah Selera

Trippers – Lamongan Jawa Timur mungkin sudah sangat dikenal di pelosok Pulau Jawa. Bagaimana tidak, salah satu kota di Jawa Timur ini memiliki makanan dengan cita rasa khas yang berbeda dengan makanan di daerah-daerah lain.

Bahkan, kamu tidak akan kesulitan menemukan warung makan lamongan di tepi jalan mana pun di Pulau Jawa. Kuliner khas Lamongan ini juga populer dengan Soto Lamongan yang memiliki cita rasa yang berbeda pula dengan soto pada umumnya.

Berikut ini beberapa makanan khas lamongan yang akan menggugah seleramu.

1. Asem-asem bandeng

Foto : lifestyle.okezone.com

Sinkron dengan namanya, asem-asem bandeng menonjolkan cita rasa asam dan gurih. Asem-asem bandeng makin terasa nikmat karena diracik juga dengan beragam bumbu rempah.

Asem-asem bandeng memiliki kuah yang melimpah, sebab itu kuliner ini enak banget disajikan pada saat cuaca sedang dingin. Dijamin bikin kalian kepengin nambah terus!

2. Bandeng colo

Foto : travel.tribunnews.com

Unik dan berbeda, mungkin bandeng colo hanya dapat kamu jumpa di Lamongan saja. Kuliner ini menyajikan bandeng yang digoreng hingga matang, kemudian digoreng untuk kedua kalinya bersama bumbu sambal.

Bumbu sambal bandeng colo terbuat dari kecap, cabai, tomat dan bawang. Supaya makin khidmat dan nikmat, santaplah bandeng colo bersama nasi putih selagi masih hangat.

3. Nasi boranan

Foto : travel.kompas.com

Boran sendiri merupakan wadah nasi berukuran besar yang terbuat dari ayaman bambu. Racikan nasi boranan terdiri dari nasi putih, lauk dan pelengkap.

Beralaskan daun pisang, nasi boranan yang disajikan bersama urap punya beragam pilihan lauk seperti ikan bandeng, telur, daging ayam, jeroan, tahu dan tempe. Rempeyek menjadi pelengkap ciri khas kuliner ini yang keberadaannya tak dapat diganggu gugat.

4. Soto lamongan

Foto : id.pinterest.com

Keberdaan koya membuat soto lamongan cukup berbeda dengan soto Nusantara lainnya. Tak hanya itu, kuah dari soto lamongan terasa sekali gurihnya. Suwiran daging ayam, irisan kubis, sohun, dan telur rebus menjadi pelengkap dari soto ini.

Kehadiran irisan tomat, membuat soto lamongan makin beragam rasa saat dinikmati bersama nasi putih hangat.

5. Pecel Lele

Foto : www.indozone.id

Pecel lele tak lain adalah lele goreng yang dilengkapi dengan nasi putih, lalapan serta sambal. Kuliner ini umumnya dijajakan oleh penjual pada sore hingga malam hari, karena kenikmatan pecel lele yang masih hangat cocok sekali dengan hawa pada waktu tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *