TRIPFOOD

Hindari! Makanan dan Minuman Ini Bisa Buat Kamu Hidrasi Saat Puasa

Trippers.id – Puasa membuat kita kekurangan cairan tubuh selama sekitar 13 jam, sehingga membuat tubuh dehidrasi. Maka dari itu, cairan sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat selama berpuasa.

Sumber cairan yang disarankan adalah air putih. Namun, ada beberapa alternatif lain untuk tetap terhidrasi. Berikut beberapa makanan dan minuman yang bisa menghidrasi tubuh selama berpuasa.

1. Semangka

Foto : lifestyle.okezone.com

Semangka mengandung 92 persen air. Terdapat pula sejumlah mineral, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan. Semua kandungan tersebut berfungsi menghidrasi tubuh. Sehingga, buah ini bisa menjaga tubuh tetap sehat dan terhidrasi selama berpuasa.

2. Susu segar

Foto : my-best.id

Susu segar juga bisa menjadi pengganti air. Sebab, susu mengandung banyak nutrisi seperti kalsium dan mineral. Kamu bisa mengonsumsinya saat sahur atau buka puasa, misalnya dikonsumsi dengan semangkuk sereal.

3. Smoothie

Foto : mahatmarice.com

Kamu bisa menghidrasi tubuh dengan cara yang enak, seperti membuat smoothie. Sebaiknya gunakan beberapa buah yang mengandung tinggi air seperti semangka, melon, jeruk, atau nanas. Minuman ini akan membuat kamu terhidrasi selama berpuasa.

Selain buah, kamu juga bisa menggunakan sayuran hijau, seperti selada dan tomat, yang bisa diolah menjadi smoothie.

4. Sup

Foto : www.fifteenspatulas.com

Makanan yang hangat dan berkuah, seperti sup, bisa membantu tubuh terhidrasi saat berpuasa. Sebaiknya konsumsi sup bening dibanding sup krim.

Disarankan membuat sup dengan aneka sayuran seperti wortel, seledri, dan buncis. Lengkapi dengan daging ayam atau sapi.

5. Air kelapa

Foto : health.detik.com

Air kelapa memang sangat bermanfaat menghidrasi tubuh karena tinggi sodium dan rendah karbohidrat. Sehingga, buah ini sangat cocok disajikan sebagai menu berbuka, ion tubuh yang hilang setelah berpuasa bisa tergantikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *