Uncategorized

5 Fakta Menarik dari Negara Vietnam

Trippers.id – Vietnam adalah salah satu negara yang terletak di Asia Tenggara dengan ibu kota Hanoi. Negara ini sedang menjadi perbincangan hangat lantaran keberhasilannya dalam mengatasi kasus COVID-19 tanpa kematian.

Negara yang berbatasan dengan RRC (Republik Rakyat Cina) di sebelah utara, Teluk Tonkin dan Laut Cina Selatan di sebelah timur, Laut Cina Selatan di sebelah selatan, Laos dan Kamboja di sebelah barat ternyata pernah berada di bawah kekuasaan pemerintah China hampir 1000 tahun lamanya.

Selain satu fakta tersebut, masih banyak fakta menarik lainnya mengenai negara Vietnam yang harus kamu ketahui seperti berikut ini.

1. Wilayah Vietnam pernah terpecah menjadi dua bagian

Tahukah kamu bahwa pada tahun 1954 wilayah negara yang mendapat sebutan sebagai lumbung padi Asia ini pernah terpecah menjadi dua bagian? Daratan di sebelah utara yang termasuk kelompok Komunis dipimpin oleh Ho Chi Minh mendapatkan dukungan dari negara China, Uni Soviet dan Vietkong. Sedangkan daratan di sebelah selatan yang termasuk kelompok demokratis mendapatkan dukungan dari negara Thailand, New Zealand, Laos, dan Korea Selatan.

Kedua kelompok ini selalu terlibat peperangan yang berakhir dengan kemenangan di pihak komunis. Setelah itu, wilayah Vietnam yang sempat terpecah bisa disatukan kembali.

2. Orang Vietnam tidak mandi saat pagi hari

Hampir sebagian besar masyarakat Vietnam memiliki kebiasaan tidak mandi saat pagi hari. Mereka biasanya hanya mandi sehari sekali, yaitu pada sore hari.

3. Bentuk daratannya menyerupai huruf S

Jika diperhatikan dengan seksama, wilayah daratan negara Vietnam di peta memang menyerupai huruf S. Dan penduduk Vietnam sangat bangga akan hal tersebut. Ketika mengunjungi negara lain, mereka sering kali menceritakannya pada orang asing yang mereka temui.

4. Satu-satunya negara di dunia yang penduduknya suka mengonsumsi darah binatang

Vietnam menjadi satu-satunya negara di dunia yang penduduknya gemar mengonsumsi darah binatang atau yang dikenal dengan nama Tiet Canch. Biasanya darah yang disukai adalah yang berasal dari babi, anjing, bebek, dan udang.

5. Penduduknya lebih suka mengendarai sepeda motor

Berbeda dengan negara lainnya, mayoritas penduduk Vietnam justru lebih senang mengendarai sepeda motor dibandingkan mobil untuk menunjang aktivitas sehari-hari mereka. Hal ini mereka lakukan bukan tanpa alasan. Menurut mereka pajak yang dibebankan kepada para pemilik kendaraan mobil sangat besar dibandingkan dengan pemilik sepeda motor.

Nah, itulah lima fakta menarik mengenai negara Vietnam. Setelah mengetahui fakta-fakta tersebut, apakah membuatmu ingin segera mengunjungi negara ini, Trippers?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *