TRIPWORLD

5 Tempat Bersejarah di Benteng Agra

Trippers.id – Mendengar kata India, Trippers pasti akan teringat salah satu bangunan legendaris, Taj Mahal. Namun, selain makam mewah itu, ternyata ada satu kompleks bangunan tidak boleh dilewatkan saat berwisata ke India.

Bangunan itu bernama Benteng Agra atau terkenal dengan nama Benteng Merah. Untuk menuju tempat ini, Trippers hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit dari Taj Mahal. Di benteng ini, terdapat beberapa bangunan peninggalan Kesultanan Mughal. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Jahangir Mahal

Foto : Indiavivid.com

Istana khusus wanita ini dibangun oleh Sultan Akbar untuk putranya Jahangir. Bangunan ini lalu dijadikan kediaman untuk wanita istana. Nur Jahan, ratu yang memimpin Kesultanan Mughal dari balik tirai selama 16 tahun, juga tinggal di Jahangir Mahal, loh, Trippers.

2. Khas Mahal

Foto : en.wikipedia.org

Istana pribadi Sultan Mughal ini dibangun pada tahun 1631 hingga 1640. Bangunan mewah ini memiliki dinding putih yang terbuat dari marmer putih. Interior yang dihiasi karya emas, desain hias, serta lukisan mural akan membuat Trippers berdecak kagum.

3. Diwan-i-Khass

Foto : royalleisuretours.com

Bangunan ini yang digunakan untuk menerima tamu kehormatan ini, di bangun pada tahun 1648. Bangunan yang juga dikenal dengan nama Shah Mahal ini, juga digunakan sebagai lokasi untuk resepsi.

4. Diwan-i-Am

Foto : www.pbase.com

Jika Diwan-i-Khass hanya digunakan untuk dengar pendapat terbatas, maka Diwan-i-Am digunakan untuk menerima masyarakat umum dan mendengar keluhan mereka. Tripeers bisa membayangkan suasana dengar pendapat saat masa Kesultanan Mughal.

5. Masjid Moti

Foto : www.discoveryair.pk

Dalam bahasa Urdu, Moti berarti mutiara. Selain karena Marmer putih kecil yang menjadi strukturnya, pemberian nama perhiasan menjadi kebiasaan kalangan kesultanan pada saat itu.  Masjid ini Moti dibangun oleh kaisar Mughal Jahangir dan dimodifikasi oleh arsitek sang putra, Shah Jahan. dari bangunan indah ini. Jangan sampai melewatkan kesempatan berfoto di bangunan bersejarah yang cantik ini, ya, Trippers.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *