TRIPWORLD

5 Museum Unik dan Modern di Melbourne

Trippers.id – Kebanyakan orang memang lebih memilih berbagai pusat perbelanjaan sebagai sarana hiburan dan rekreasi. Bangunan-bangunan bersejarah layaknya museum pun jarang dilirik kebanyakan orang, apalagi para generasi muda.

Namun, kini museum tak melulu dianggap membosankan, layaknya beberapa museum di Melbourne berikut. Museum-museum ini menampilkan sejarah Australia yang dikemas dengan tampilan yang modern dan megah.

Yuk intip lima museum di kota Melbourne yang wajib dikunjungi untuk kamu para pencinta seni!

1. Heide Museum of Modern Art

Foto : www.heide.com.au

Museum seni yang terletak di Bulleen, daerah pinggiran kota Melbourne ini berisi berbagai karya seni kontemporer dan modern dari para seniman di Australia.

Didirikan oleh dua orang kolektor seni, yaitu John dan Sunday Reed, museum ini mempunyai beragam fasilitas seperti kafe, taman patung, kebun, dan tempat untuk menggelar pameran. Beragam aliran karya seni mulai dari realisme, ekspresionisme, abstrak, dan figuratif pun dapat dilihat di museum ini.

Heide Museum of Modern Art juga menyandang gelar sebagai museum dengan koleksi terbanyak di Australia. Salah satu daya tarik utama dari museum ini adalah patung hasil karya seniman Dennis Oppenheim dan Inge King.

2. Immigration Museum

Foto : theculturetrip.com

Immigration Museum adalah museum yang ditujukan untuk menampilkan sejarah imigrasi di Australia. Museum ini terletak di Old Customs House yang dulunya merupakan hotel pertama yang ada di Melbourne, yaitu Fawkner’s Hotel.

Museum ini menampilkan sejarah imigrasi menggunakan berbagai media seperti gambar, audiovisual, atau melalui teater interaktif. Berbagai media tersebut menampilkan beragam cerita personal dari imigran yang datang dari berbagai negara lain, termasuk sejarah mengenai proses, kebijakan, dan aturan-aturan bagi para imigran.

Salah satu fasilitas menarik dari museum ini adalah Immigration Discovery Centre, di mana pengunjung dapat mencari akar keluarga mereka.

3. Australian Centre for the Moving Image

Foto : commons.wikimedia.org

Museum yang juga sering disingkat sebagai ACMI ini terletak di Federation Square, Melbourne. Museum ini menampilkan berbagai macam film, video games, dan berbagai produk seni digital lain. ACMI juga merupakan museum gambar bergerak yang paling banyak dikunjungi di dunia.

ACMI mempunyai dua studio sinema utama yang masing-masing berkapasitas 168 tempat duduk dan 390 tempat duduk. Museum ini juga memiliki program mingguan dan bulanan yang menampilkan pembuatan film kontemporer Australia dan berbagai film untuk keluarga dan anak.

Selain itu, ACMI juga menampilkan pameran hasil karya para sutradara ternama secara berkala, seperti Tim Burton, Jim Henson, dan Xavier Dolan.

4. National Gallery of  Victoria

Foto : simple.wikipedia.org

Museum yang juga sering disebut sebagai NGV ini bediri pada tahun 1861 dan merupakan museum seni tertua di Australia. Museum ini mempunyai beragam koleksi, seperti koleksi seni Asia, Australia, seni internasional, fotografi, dan lukisan.

Koleksi seni Australia meliputi artefak penduduk asli, yaitu suku Aborigin, dan berbagai seni kontemporer dan modern lain. Selain itu, museum ini juga memiliki berbagai koleksi seni internasional yang kebanyakan berasal dari Eropa seperti lukisan, keramik, vas, patung, dan tekstil.

Selain itu, terdapat pula beragam koleksi dari para seniman ternama seperti Picasso, Bernini, dan Veronese.

5. Islamic Museum of Australia

Foto : www.visitmelbourne.com

Museum yang baru dibuka pada tahun 2014 ini didirikan sebagai penghargaan bagi komunitas muslim di Australia. Museum ini mempunyai 5 galeri, yaitu Islamic Faith, Islamic Contribution to Civilization, Islamic Art, Islamic Architecture, dan Australian Muslim History. Kelima galeri tersebut terletak di dua lantai yang berbeda. Pengunjung dapat mempelajari mengenai Islam dan pengaruh Islam terhadap seni dan sains kontemporer.

Museum ini juga menampilkan gambar dari beragam masjid di berbagai belahan dunia dan penjelasan mengenai hubungan antara penduduk Australia dengan komunitas muslim yang telah terbentuk selama bertahun-tahun.

Itu dia lima museum di Melbourne yang sangat menarik untuk dikunjungi bagi kamu para pecinta seni. Selain menikmati keindahan karya seni, kamu juga dapat mempelajari sejarah dan kehidupan sosial di Australia dengan mengunjungi museum-museum tersebut.

Museum mana yang membuatmu tertarik untuk berkunjung?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *