TRIPTIPS

Tips Supaya Kamu Mendapatkan Inspirasi Saat Menulis

Trippers.id – Untuk menjadi seorang penulis diperlukan pemikiran yang terbuka serta mudah dalam menyerap informasi-informasi valid yang ada. Namun ketika sedang menjalankan tugasnya, tidak banyak dari penulis-penulis tersebut mengalami kebuntuan dalam mendapatkan sebuah ide. Hal itu memang manusiawi dan semua orang pasti pernah mengalaminya.

Jika kamu sedang mengalami kebuntuan ketika mau memulai sebuah tulisan, jangan terpaku pada keputus asaan. Ada beberapa cara yang dapat membantumu untuk memunculkan ide sehingga tak ada lagi kebingungan. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak pembahasannya berikut ini.

1. Cobalah untuk rajin membaca buku

Inspirasimu adalah membaca buku. Hal itu terjadi karena dengan membaca buku kalian akan mendapat kosakata baru yang dapat dikembangkan sesuai ide yang pasti terlintas dipikiran. Tulisan terdiri dari kata-kata yang berkumpul jadi satu, begitu pula dengan buku.

Analoginya seperti ini, ketika kamu lapar dan ingin makan maka carilah tempat yang menyediakan makanan untuk mengisi perutmu. Hal itu sama seperti ketika kamu bingung mendapatkan inspirasi, carilah tempat yang tersusun dari inspirasi-inspirasi, yaitu buku.

2. Perbanyaklah diskusi dengan teman

Ketika kamu sedang galau, pasti tujuan pertama yang kamu temui adalah teman-temanmu. Mereka adalah orang-orang yang akan memberimu semangat ketika kamu patah arang. Begitu pula ketika kamu susah mendapatkan inspirasi, obrolan hangat dengan teman pasti akan membantumu untuk menemukan inspirasi tersebut.

Memang inspirasi itu bisa datang di mana saja dan kapan saja. Tapi ketika kamu bertemu temanmu, semua obrolan tentang kehidupan, percintaan, hobi, dan lain-lain yang tentunya asyik pasti akan kalian bahas. Oleh karena itu, temuilah temanmu ketika sedang mengalami kebuntuan

3. Cobalah sesekali untuk menjauh dari keramaian

Banyak orang setuju jika sedang mengalami kebingungan, obat paling manjur adalah merenung. Namun kamu tidak dianjurkan untuk sekadar merenung di segala tempat, melainkan carilah tempat merenung yang benar-benar bisa membantumu dalam mendapatkan sebuah inspirasi.

Tempat tersebut identik dengan kesunyian, ketenangan, dan kedamaian. Ketika kamu berada di lingkungan yang amat ramai, pasti kamu akan kesulitan untuk berpikir dan mendapatkan inspirasi. Salah satu obat terbaik ketika dilanda kebingungan adalah menjauh dari keramaian.

4. Cobalah untuk mendengarkan beberapa musik favorit

Musik memiliki lirik yang sangat indah dan puitis. Hal itu juga pasti akan menambah kosakata barumu yang dapat memunculkan ide dalam menulis. Namun, dengarkanlah lagu-lagu yang sesuai genre dan kesukaanmu karena itu akan mudah kamu mengerti daripada lagu-lagu yang menurutmu aneh.

Ketenangan yang kamu dapatkan ketika mendengarkan musik akan mempermudahmu dalam mendapatkan ide-ide kreatif untuk bahan tulisan. Selain itu, sebuah musik dapat menenangkan jiwa yang sedang gundah gulana.

5. Minum kopi

Orang-orang banyak berpendapat bahwa singkatan dari “kopi” itu sendiri adalah “ketika otak perlu inspirasi”. Hal itu dapat disimpulkan bahwa memang ketika kita minum kopi, aroma yang khas serta rasa yang dapat merangsang sarafmu membuat pikiran kita menjadi liar, semua hal pasti akan terpikirkan dan terucap setelah minum kopi.

Namun, dalam meminum kopi juga ada takarannya, tidak boleh berlebihan. Kesehatanmu adalah nomor satu daripada tidak mendapatkan inspirasi sama sekali. Lagipula, cara-cara sebelumnya juga pasti manjur ketika kamu sedang merasakan kebuntuan dalam berpikir.

Itulah kelima cara yang harus kamu lakukan ketika inspirasi yang ada dalam otakmu tak kunjung muncul. Memang semua orang memiliki cara-cara tersendiri dalam mencari idenya, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba cara-cara yang umum dilakukan ketika pikiran sedang tidak mau berkompromi. Tetap semangat dalam menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *