TRIPTIPS

Heboh Virus Corona, Ini 5 Cara Tetap Sehat Selama Travelling

Trippers.id – Virus Corona, saat ini menjadi momok menakutkan bagi umat manusia. Apalagi telah menyebabkan 80 orang meninggal dunia dan menjangkit ribuan lainnya di China (data per 27/01).

Dikutip dari Web MD, coronavirus sebetulnya virus umum yang kebanyakan tidak berbahaya. Virus corona menginfeksi hidung, sinus, dan tenggorokan bagian atas. Meski begitu, infeksi beberapa jenis virus corona ternyata bisa berdampak serius.

Pada akhir Januari 2020, WHO mengindentifikasi 2019-nCoV dan ada sekitar 300 kasus muncul di China. Tiap negara telah menyiapkan upaya pencegahan dan pengamanan, namun virus corona tetap mampu menyebar ke seluruh dunia.

Lantas bagaimana dengan trippers yang ingin jalan-jalan keliling Indonesia, namun khawatir terkena virus corona. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Anung Sugihantono, menegaskan, hingga Senin (27/01/2020) kemarin, belum ada masyarakat Indonesia yang positif terjangkit virus corona.

“Sebagaimana yang disampaikan Bapak Menteri (Kesehatan) sampai hari ini tidak ditemukan novel coronavirus di Indonesia,” kata Anung saat konferensi pers di Gedung Kemenkes, Jakarta Selatan.

Setelah sudah dipastikan Indonesia terbebas dari virus corona, yuks siap-siap ambil tas dan jelajahi Nusantara. Redaksi trippers.id sudah merangkum lima tips bagaimana cara tetap sehat selama travelling, berikut ulasannya:

Tidur yang Cukup

Jika ingin liburan tidak terganggu karena sakit, pastikan trippers mendapat kesempatan tidur yang cukup. Jika tidak, hal ini akan memengaruhi kondisi kesehatan.

Walaupun sudah memiliki list destinasi yang akan didatangi, penting bagi trippers untuk tetap mematuhi aturan tidur yang baik. Beberapa situasi bisa bikin jadwal tidur berantakan yaitu mulai dari jadwal perjalanan yang padat, hotel atau tempat penginapan yang kurang nyaman, atau tidak bisa tidur karena tubuh terlalu lelah.

Jangan Beli Makan dan Minum Sembarangan

Emang sih namanya kalau lagi travelling pasti pengen nyoba makanan atau minuman yang belum pernah dirasakan. Eits, tunggu dulu. Sebaiknya trippers memilah kembali makanan dan minuman apa saja yang boleh dan tidak dikonsumsi.

Setiap tempat-tempat baru pasti memiliki bermacam-macam makanan khas, tugas Anda adalah mencari tahu kandungan makanan atau minuman tersebut dan sesuaikan dengan kondisi tubuh Anda. Terlebih jika Anda memiliki alergi terhadap suatu jenis bahan makanan atau minuman.

Ingat Cuci Tangan Sebelum Makan

Cuci tangan merupakan salah satu hal penting yang dapat dengan mudah dilakukan semua orang untuk menjaga kesehatan. Selama travelling, trippers akan bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya, entah sudah berapa banyak hal yang disentuh dan membuat kuman serta bibit penyakit menempel pada tangan.

Cuci tangan dapat membunuh dan mengurangi kotoran yang hinggap pada tangan. Terutama sebelum makan atau minum. Biasakan juga untuk selalu mencuci tangan sesuai langkah yang tepat guna memaksimalkan kebersihan tangan

Konsumsi Vitamin

Salah satu cara untuk mencegah sakit saat travelling yaitu dengan rutin mengonsumsi vitamin. Pasalnya, tidak sedikit kegiatan yang dilakukansehingga kemungkinan akan terserang berbagai penyakit saat kondisi badan melemah. Dengan rutin mengonsumsi vitamin, diharapkan daya tahan tubuh bisa lebih terjaga.

Vitamin bisa didapatkan dari sumber makanan alami seperti buah dan sayur. Akan tetapi, bila Anda memiliki masalah kesehatan tertentu atau hendak bepergian ke tempat yang minim akses kesehatan atau makanan sehat, tak ada salahnya minta suplemen vitamin ke dokter sebelum berangkat.

Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih yang cukup adalah salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh saat travelling. Faktor perbedaan cuaca dan tingkat aktivitas selama travelling juga perlu menjadi pertimbangan banyaknya cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Bila lebih banyak jalan kaki, bergerak, dan beraktivitas saat liburan, tingkatkan konsumsi cairan, lebih dari biasanya. (Ipg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *