TRIPFOOD

5 Sarapan Khas Betawi, Salah Satunya Salad Ala Indonesia

Trippers.id – Semangat pagi trippers! Awali pagimu dengan senyuman dan tentunya sarapan yang nikmat. Ngomong-ngomong soal sarapan, trippers.id punya referensi nih yaitu makanan dari Betawi. Makanan khas Ibu Kota Jakarta ini ternyata dipengaruhi oleh berbagai budaya seperi Arab, Cina dan Eropa.

Makanan betawi biasanya memiliki citarasa yang gurih dan menggugah selera. Nah langsung aja trippers, ini dia lima sarapan khas betawi yang harus kalian coba:

Nasi Uduk

Ilustrasi nasi uduk. (Foto: instagram/@zahelaoplin).

Nasi uduk sangat familiar sebagai sarapan di Jakarta, sekalipun bukan orang Betawi Mirip dengan nasi liwet, nasi uduk yang terbuat dari beras putih dimasak bumbu-bumbu. Bumbu-bumbu nasi uduk tersebut seperti garam, santan, daun serai, daun salam, dan daun jeruk.

Rasa nasi uduk sangat lezat dan gurih. Nasi uduk biasa dimakan dengan telur dadar yang diiris, semur jengkol, ayam goreng, empal, kentang balado, dan sambal kacang.

Ketupat Sayur

Ilustrasi ketupat sayur. (Foto: instagram:/@yunitaanwar)

Ketupat sayur merupakan makanan khas Betawi yang biasa dijadikan sebagai menu sarapan. Ketupat sayur terbuat dari irisan ketupat/ lontong dengan kuah santan yang gurih. Taburan ketupat sayur berupa bawang goreng, kacang kedelai, dan kerupuk/emping

Gado-gado

Ilustrasi gado-gado. (Foto: Instagram/@bundakasyeindra)

Gado-gado merupakan salah satu kuliner kebanggan Indonesia. Orang asing menyebut gado-gado dengan sebutan ‘seladanya orang Indonesia’. Gado-gado berisi lontong/ ketupat, sayuran, kerupuk dan bawang goreng. Gado-gado bisa disantap pada saat sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Di Jakarta, banyak sekali penjual gado-gado.

Ketoprak

Ilustrasi ketoprak. (Foto: Instagram/@henjiwong)

Ketoprak terbuat dari ketupat atau lontong yang berisi bihun, toge, dan tahu. Ketoprak Betawi dengan rasa yang lezat ini disiram dan diaduk dengan sambal kacang. Ketoprak juga ditaburi dengan kerupuk. Makanan khas Betawi ini termasuk makanan berat yang agak ‘ringan’.

Nasi Ulam

Ilustrasi nasi ulam. (Foto: Instagram/@aditya)

Nasi ulam biasanya memakai nasi pera yang disiram dengan semur kentang/ semur tahu/ semur telur. Nasi ulam juga ditambah dengan cumi asin goreng, bihun goreng, telur dadar iris, dan perkedel kentang.

Nasi ulam bertambah nikmat dengan tambahan daun kemangi, sambal, bawang goreng, dan taburan kacang tanah tumbuk. Nasi ulam merupakan makanan khas Betawi yang mendapat pengaruh dari budaya kuliner Cina.  (Ipg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *