TRIPFOOD

Masak Lezat Hanya dengan Bahan Tempe

Trippers.id – Situasi wabah saat ini membuat para ibu rumah tangga memutar otak agar keluarga yang dicintainya tidak merasa bosan selama berdiam diri di rumah. Mulai dari berbelanja banyak bahan makanan untuk dijadikan stok sampai mencari berbagai macam resep olahan lezat untuk keluarga.

Tempe menjadi salah satu makanan bergizi yang mengandung protein yang biasanya jadi menu terakhir ketika kulkas sudah mulai kosong. Lalu, bisa diolah menjadi apa saja tempe ini? Berikut lima ide olahan berbahan tempe yang bisa disulap menjadi makanan lezat. Dicoba yuk di rumah.

1. Tempe Mendoan

Foto : selerasa.com

Salah satu olahan tempe yang mudah dibuat di rumah adalah tempe mendoan. Tempe mendoan ini bisa dijadikan lauk untuk makan ataupun camilan bersantai keluarga. Cara membuatnya juga sangat mudah.

Tempe yang dipotong sesuai selera, kemudian dimasukkan ke dalam adonan tepung yang telah dicampur dengan daun bawang dan digoreng. Jangan lupa tambahkan bumbu-bumbu penyedap agar rasa tempe mendoan menjadi lebih nikmat.

2. Sambal Goreng Tempe

Foto : masakuntukmu.blogspot.com

Olahan lainnya yang bisa dibuat dari tempe adalah sambal goreng tempe. Sambal goreng tempe ini bisa menjadi lauk yang awet dan tahan lama. Cara membuatnya, potong dadu tempe kemudian goreng setengah matang.

Jangan lupa siapkan bumbu halus dari bawang merah dan bawang puting. Lalu, tumis bumbu halus dan tempe tadi dan tambahkan kecap. Mudah bukan? Sambal goreng tempe ini bisa ditambahkan kentang atau tahu juga lho. Selamat mencoba.

3. Tempe Bakar

Foto : www.indozone.id

Selain digoreng, tempe juga bisa dibakar. Siapkan tempe yang sudah dipotong tipis, lalu dibakar dengan bumbu bakar, seperti kecap manis, margarin, dan penyedap rasa. Rasa tempe bakar ini tak kalah lezat dari rasa ayam bakar maupun ikan bakar. Apalagi ditambah sambal tomat dengan perasan jeruk nipis. Makan jadi tambah lahap dan tak berhenti.

4. Tempe Bacem

Foto : cookpad.com

Olahan tempe lezat berikutnya adalah tempe bacem. Rasa bacem yang gurih dan manis ini bisa menggugah selera makan meningkat. Caranya, potong tempe menjadi berbentuk segitiga. Lalu, haluskan bawang merah, bawang putih dan kemiri. Tumis bumbu halus dan tembahkan air asam jawa, gula merah, dan lengkuas.

Masukkan air dan tempe, tunggu sampai air rebusan menyusut. Tempe siap digoreng atau dibakar kembali. Tempe bacem ini disukai anak-anak karena rasanya yang manis dan tidak pedas.

5. Lo deh Tempe

Foto : cookpad.com

Tempe juga bisa disulap menjadi olahan sayur lezat. Salah satunya dengan memasaknya menjadi lodeh. Siapkan bumbu lodeh dan santan, lalu tambahkan tempe ke dalam rebusan. Lodeh tempe siap dinikmati dengan nasi panas. Sayur lodehnya bisa ditambahkan tahu atau sayuran lainnya. Apalagi kalau makannya ditambah dengan kerupuk. Makan pun jadi lebih bersemangat lagi.

Itulah lima olahan berbahan tempe yang bisa dibuat dengan mudah dan lezat. Selamat berkreasi di rumah Trippers.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *