LatestTRIPFOOD

5 Kuliner Khas Sumatera Barat, Gak Melulu Nasi Padang!

Trippers – Karena mudah ditemukan di berbagai daerah, nasi padang makin masyhur seantero Indonesia bahkan mancanegara. Memang diakui, nasi padang tidak hanya berciri khas tapi juga enak serta mengenyangkan.

Selain nasi padang, lima kuliner Sumatera Barat yang ini juga terkenal enak. Meski sederhana, lezatnya tidak membohongi lidah lho! Apakah kamu pernah mencobanya?

  1. Sup silungkang
Foto : travel.tempo.co

Silungkang sendiri merupakan nama sebuah kecamatan di Sawahlunto. Sup sulingkang menggunakan daging dan tulang sapi sebagai bahan utama. Sekilas memang serupa dengan sup sapi pada umumnya.

Tapi, sup sulingkang memiliki rasa yang khas! Dengan menghadirkan kerupuk merah maupun emping, sup sulingkang cocok disantap di segala waktu.

  1. Pical padang
Foto : www.saribundo.biz

Bak soto padang, pical padang juga dilengkapi dengan kerupuk merah muda yang renyah. Baik disajikan dengan lontong maupun ketupat, tidak mengurangi kenikmatan makanan berbumbu kacang ini.

Serupa dengan gado-gado yang berisi sayuran, pical padang dilengkapi pula dengan hadirnya mi kuning yang keberadaannya menggugah selera makan.

  1. Rendang belut
Foto : cookpad.com

Bumbu boleh sama, tapi rendang yang ini berbahan dasar belut. Rendang belut yang kaya rempah nikmat banget disantap dengan sepiring nasi putih hangat. Rasanya gak kalah enak dari rendang daging sapi, lho!

Rendang belut cukup populer di Kabupaten Tanah Datar. Biasanya rendang belut tak pernah absen untuk memanjakan lidah pengunjung yang datang ke suatu acara tertentu seperti khitan atau upacara pernikahan.

  1. Nasi sala
Foto : www.indonesiakaya.com

Bayangkan menikmati kesederhanaan nasi sala yang lezat di tepi pantai Pulau Angso Duo pada siang hari. Perpaduan waktu, lokasi, dan rasa ini memunculkan secercah kebahagiaan di hati.

Nasi sala adalah kuliner lezat yang cukup populer di Pariaman. Makanan ini menggabungkan kenikmatan ikan digoreng tepung, sambal, dan nasi putih berbungkus daun pisang.

  1. Satai lokan
Foto : www.indonesiakaya.com

Kenikmatan daging tusuk bernama satai padang, pastinya sudah akrab sekali di lidah. Apakah satai lokan termasuk juga? Satai lokan tak lain adalah satai kerang khas Minang yang lezatnya membangkitkan nafsu makan.

Sebelum melalui proses dipanggang, kerang direbus terlebih dahulu ke dalam bumbu. Nah, bekas rebusan bumbu tersebut nantinya dicampur dengan tepung beras dan menjadi pelengkap rasa dari satai lokan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *