LatestTRIPTIPS

5 Tips Liburan saat Musim Hujan

Ingin pergi liburan saat musim hujan seperti saat ini? Liburan musim hujan tentunya membutuhkan sejumlah persiapan ekstra dibandingkan saat musim panas.

Ada sejumlah hal yang perlu Anda siapkan sebelum bepergian ke aneka destinasi favorit. Tidak hanya mesti sedia payung, ada berbagai aspek krusial yang sebaiknya Anda siapkan saat liburan musim hujan.

Mau tahu hal apa saja yang sebaiknya dipersiapkan? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Pilih waktu tepat untuk bepergian

Musim hujan di Indonesia lazimnya terjadi dari akhir tahun sampai sekitar pertengahan tahun. Karena itulah, Anda mesti menyusun rencana bepergian dengan sebaik mungkin saat musim hujan.

Untuk memudahkan Anda mengetahui kapan hujan diprediksi terjadi, Anda bisa merujuk pada informasi resmi prakiraan cuaca di situs web resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

2. Tentukan lokasi terbaik liburan musim hujan

Berlibur di kala musim hujan tentunya membuat Anda perlu menyesuaikan tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi. Misalnya, ada baiknya Anda mengurangi aktivitas di alam saat sedang musim hujan seperti ini.

Jangan sampai deh Anda malah kerepotan sendiri saat tengah menikmati pantai dan tahunya terjadi hujan lebat.

Agar lebih aman dan tenang berlibur saat musim hujan, Anda bisa mempertimbangkan opsi untuk pergi ke destinasi yang banyak indoor-nya. Misalnya, museum, pusat belanja, taman bermain dalam ruangan, hingga pusat kuliner.

3. Gunakan tas tahan air

Saat berlibur di musim hujan, ada baiknya Anda menggunakan tas yang tahan air. Ini bertujuan agar barang bawaan Anda lebih aman terlindungi saat sewaktu-waktu terkena air hujan.

Tak mau bukan barang bawaan basah kuyup semua imbas terkena hujan lebat? Terlebih lagi, bila Anda membawa barang-barang elektronik yang bisa rusak jika terkena air. Biar lebih aman, Anda juga bisa sekaligus membawa pembungkus gadget anti air.

Tas anti air saat liburan

4. Bawa jaket maupun baju tebal

Musim hujan identik dengan suhu udara yang lebih sejuk atau dingin. Karena itulah, sebaiknya Anda membawa jaket atau baju hangat ya.

Enggak asyik banget kan, kalau tiba-tiba masuk angin saat liburan musim hujan hanya karena lupa bawa pakaian yang sesuai? Makanya, siapkan dari awal jaket maupun baju hangat, ya!

5. Jaga kondisi tubuh & Siapkan obat-obatan penting

Saat berlibur di musim hujan, menjadi penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar. Usahakan untuk selalu makan tepat waktu, mengonsumsi vitamin, serta tidak melakukan aktivitas yang telalu menguras energi fisik.

Ketika Anda ingin bepergian saat musim hujan, pastikan pula telah membawa berbagai obat-obat penting untuk berjaga-jaga.

Sejumlah obat yang bisa Anda bawa sebagai antisipasi adalah obat flu, obat masuk angin, serta minyak kayu putih.

———————————————–

Sumber : Traveloka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *