LatestTRIPFOOD

5 Makanan Khas Jambi Penggoyang Lidah

Jambi adalah sebuah daerah yang terletak di Pulau Sumatera. Sebagai daerah di wilayah Timur Pulau Sumatera, Jambi kental dengan adat Melayu.

Masyarakat Jambi memang masih satu rumpun dengan Melayu sehingga wajar bila kebudayaan di Jambi lekat dengan budaya Melayu.

Tidak heran bila wilayah dengan ibukota yang dijuluki “Kota Bertuah” ini menyimpan banyak sajian kuliner khas Jambi yang siap menggoyang lidah.

Nah, kali ini kami punya rekomendasi daftar makanan tradisional khas Jambi yang kaya akan rasa. Yuk, simak di bawah ini!

Makanan Tradisional Khas Jambi

1. Bolu Kojo

Bolu Kojo

Sumber Gambar: Best Recipes

Bolu Kojo mungkin belum seakrab jenis kue bolu lainnya di daerah-daerah lain di Indonesia. Namun di daerah Sumatera, khususnya Sumatera Selatan, bolu ini sangat populer terutama di Jambi, Bengkulu, dan Palembang.

Bolu Kojo atau Bolu Kemojo adalah kue bolu yang mempunyai bentuk seperti bunga kamboja. Bentuk tersebut merupakan hasil dari cetakan loyang yang sengaja dibuat menyerupai bunga kamboja.

2. Gulai Tepek Ikan

Makanan Khas Jambi

Sumber gambar: Detik

Gulai Tepek Ikan adalah hidangan lezat asli Jambi. Sebagai masakan adat khas Jambi, Gulai Tepek Ikan sering disajikan di acara-acara adat seperti pernikahan maupun acara keagamaan.

Kuliner tradisional Jambi ini merupakan perpaduan antara tepek ikan yang sekilas mirip pempek Palembang dipadukan dengan kuah gulai, menciptakan citarasa kaya rempah ala masakan Nusantara.

3. Tempoyak

Makanan Khas Jambi

Sumber gambar: Wikipedia

Tempoyak merupakan salah satu makanan khas Jambi yang juga populer di berbagai daerah di Sumatera lainnya.

Tempoyak memiliki bahan makanan berupa durian yang telah difermentasi. Umumnya, Tempoyak disajikan bersamaan dengan nasi putih.

Selain dimakan langsung, makanan khas Jambi ini juga bisa dijadikan bumbu masakan sebagai perasa bagi makanan lainnya. Tidak heran bila banyak wisatawan yang membawanya untuk oleh-oleh.

4. Nasi Gemuk

Makanan Khas Jambi

Sumber gambar: Kaskus

Kuliner tradisional khas Jambi ini mirip dengan nasi uduk di Pulau Jawa dan nasi lemak khas Malaysia. Nasi Gemuk juga kerap dijadikan menu sarapan bagi masyarakat Jambi. Nasi Gemuk biasanya disajikan bersama tempe orek dan telur balado.

5. Gulai Terjun

Makanan Khas Jambi

Sumber gambar: Tribunnews

Namanya yang unik berasal dari tekstur Gulai Terjun yang lebih cair ketimbang varian gulai lainnya.

Rasa bumbu gulai ini sangat lezat, cocok untuk digunakkan memasak berbagai jenis daging seperti Kambing dan Sapi.

—————————————————

Sumber : Rizfa Putri Khainayya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *