LatestTRIPFOOD

5 Kuliner Khas Sunda yang Nikmat untuk Liwetan

Trippers – Liwetan adalah tradisi makan besar dari tanah Sunda yang memanfaatkan daun pisang sebagai alas bagi nasi dan lauk. Acara makan ini enak banget dilakukan bareng-bareng bersama keluarga, sanak saudara, atau teman.

Sebelum menggelar liwetan, pasti ada yang bingung untuk menyediakan lauk apa, supaya tidak melulu ayam atau ikan goreng. Biar enggak bingung, berikut ini ada lima rekomendasi kuliner dari Sunda yang bisa dipilih sebagai lauk untuk liwetan.

  1. Sate bandeng
Foto : pesonaindonesia.kompas.com

Meski harus melalui proses yang cukup panjang, menghidangkan sate bandeng sebagai lauk juga cukup nikmat lho! Ini bukan bandeng utuh, melainkan memanfaatkan daging dan kulitnya.

Di mana, daging bandeng dikeluarkan dari kulitnya secara hati-hati. Setelah itu, dicampur dengan bahan lainnya serta bumbu, kemudian dimasukkan ke kulitnya kembali. Jepit bandeng dengan tusukan bambu, lalu dipanggang.

  1. Gepuk daging
Foto : inionline.id

Enggak cuma ikan, lho! Daging merah seperti sapi, juga cocok dipilih untuk liwetan. Kamu bisa mengolahnya menjadi gepuk daging. Daging sapi yang dipilih untuk membuat gepuk daging, umumnya pada bagian gandik.

Daging melalui proses direbus terlebih dahulu sebelum dimasak bersama bumbu supaya empuk. Setelahnya, daging digepuk kemudian dimasak bersama bumbu yang telah ditumis beserta santan. Proses terakhir yakni goreng gepuk daging hingga matang.

  1. Ayam bekakak
Foto : www.idntimes.com

Ayam bekakak merupakan ayam bakar khas Sunda. Bukan ayam negeri, ayam bekakak mengunggulkan kenikmatan dari ayam kampung. Bila ayam bakar biasa umumnya diungkep dengan bumbu saja. Ayam bekakak diolah juga menggunakan santan, sehingga cita rasa gurihnya meresap ke setiap lapisan daging.

Menikmati ayam bekakak untuk lauk liwetan sembari mencocolkannya ke sambal terasi, dijamin bikin kamu enggak bakal berhenti mengunyah!

  1. Sate maranggi
Foto : www.masakapahariini.com

Meski jarang, penggunaan sate untuk lauk liwetan ternyata juga nikmat lho! Sate maranggi bisa menggunakan bermacam jenis daging, seperti ayam, sapi, kambing atau daging babi.

Yang membedakan sate ini dengan lainnya, yakni penyajiannya. Di mana, sate maranggi tidak disajikan bersama bumbu karena daging telah direndam pada bumbu terlebih dahulu.

  1. Pesmol kembung


Liwetan memang enak bila mempertemukan antara nasi putih dengan lauk yang kaya rempah, sehingga suasana tradisionalnya makin terasa. Karena itu, kamu dapat menghidangkan pesmol kembung sebagai lauk.

Foto : cookpad.com

Pesmol kembung yakni ikan kembung yang dimasak bersama bumbu rempah seperti jahe, lengkuas, dan kunyit, yang ditumis. Sebelum bertemu bumbu, ikan kembung digoreng terlebih dahulu hingga matang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *