Uncategorized

Telaga Biru Situ Biru Cilembang di Sumedang, Sebiru Langit!

Haloo Trippers !

Tak perlu jauh-jauh untuk traveling, di tempat terpencil dan tak banyak orang tahu pun menyimpan suatu keindahan alam yang tersembunyi. Salah satunya adalah di Sumedang, salah satu desa ditempat ini memiliki pesona tersembunyi yang indah, Situ Biru Cilembang.

Nama tempat ini berasal dari tiga kata yaitu “Situ”, “Biru” dan “Cilembang”. Bila diartikan secara etimologi Situ Biru Cilembang berarti “Danau Biru Cilembang”. Belum ada yang menjelaskan secara jelas kenapa tempat ini dinamai Cilembang.

Padahal tempat ini jaraknya cukup jauh dari Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Dinamai “Biru” karena memang danau mini air ini memiliki air yang biru dan sangat jernih, karena sangat bening kita bisa bercermin di tempat yang indah ini.

Keunikan dari danau mini ini adalah letaknya yang sangat tersembunyi, yaitu berada di tengah sawah dan diantara rimbunnya pepohonan bambu. Tempat ini selain jernih airnya, juga sangat hijau dan menyegarkan pemandangan di sekitar danau biru ini.

Danau Biru

Sumber Foto : www.kaskus.co.id

Situ Biru Cilembang ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun baru pada awal januari 2016 tempat ini resmi dibuka untuk umum dan dijadikan sebagai tempat wisata. Sebelumnya danau ini dipakai sebagai kolam pemancingan bagi warga sekitar. Mereka menghabiskan waktu ditempat ini sambil menikmati keindahan alam yang indah di sekitar danau biru ini.

Situ Biru Cilembang ini berbentuk seperti danau kecil yang airnya sangat jernih dan berwarna biru karena akibat dari pantulan cahaya sinar matahari. Sebenarnya danau biru ini adalah sebuah tempat mata air, namun sumber dari mata air ini bisa dikatakan tidak terlihat karena berada di dasar danau.

Di tempat ini dahulu ada tiga buah mata air yang letaknya sangat berdekatan. Pertama berada di puncak bukit, mata air kedua berada di bawahnya yang kini disebut sebagai Situ Biru Cilembang, sedangkan satu lagi berada di paling bawah dan berada di dekat sawah.

Mata air yang ketiga ini bisa untuk digunakan untuk berenang dan berbentuk seperti kolam renang mini. Namun sayang, mata air yang berada di puncak bukit sudah tidak ada karena terjadi longsor, sehingga sumber air yang dulu terlihat mengalir menuju Situ Biru Cilembang menjadi tertutup dan tak terlihat.

Situ Biru Cilembang ini sudah sejak lama ada, dan kolam renang mini yang kini sering digunakan sarana untuk berenang bagi warga sekitar sudah ada sejak tahun 60-an. Meskipun umur dari mata air dan kolam renang ini sudah tua, tapi warnanya yang biru dan jernih masih tetap memesona dan indah.

Tak Boleh Berenang di Situ Biru Cilembang

Untuk kamu yang ingin menikmati segarnya Situ Biru Cilembang ini, kamu hanya bisa menikmatinya sebatas cuci muka saja. Kamu tak diperbolehkan berenang atau mencuci kaki. Hal itu dikarenakan agar tempat ini tak menjadi kotor dan tetap terjaga keasriannya. Selain itu tempat ini juga masih dikeramatkan oleh warga sekitar.

Adem ya sahabat Trippers liatnya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *