TRIPWORLD

Wisata Sejarah Mengagumkan di Iquique Chili

Trippers.id – Iquique merupakan salah satu kota yang terletak di sebelah utara Chili yang masuk dalam wilayah Provinsi Iquique dalam wilayah Tarapaca. Kota ini terletak di pesisir barat yang langsung menghadap ke Samudera Pasifik. Selain itu, kota ini juga menjadi salah satu destinasi wisata  menarik yang ada di Chili yang pastinya sayang untuk dilewatkan. Iquique juga memiliki sejarah panjang sejak dibangun pada abad ke 16, dengan berbagai bangunan peninggalan masa kolonial Spanyol dan dulunya juga sempat menjadi teritorial negara Peru.

Nah, pastinya kalian ingin tahu kan apa saja wisata sejarah di Kota Iquique ini? Simak daftarnya berikut ini.

1. Corbeta Esmeralda Museum

Foto : es.wikipedia.org

Corbeta Esmeralda Museum merupakan museum menarik yang terdapat di Kota Iquique, Chili yang letaknya berada di pesisir pantai. Salah satu hal yang paling menarik dari museum ini adalah bentuknya persis dengan kapal Esmeralda, yang sudah tenggelam ketika dalam Perang Pasifik saat berhadapan dengan kapal perang Peru pada abad ke 19. Maka dari itu museum ini juga digunakan untuk mengenang perjuangan dan kemenangan Chili dalam Perang Pasifik mengadapi Bolivia dan Peru. Meskipun replika tapi interior dan bentuknya benar-benar mirip dengan kapal aslinya.

2. Clock Tower

Foto : www.flickr.com

Clock Tower merupakan landmark populer yang letaknya berada di pusat kota, tepatnya di Plaza Arturo Prat. Menara jam ini sudah dibangun sejak tahun 1878, di mana pada saat itu Iquique masih menjadi wilayah negara Peru. Bangunan ini benar-benar menarik dan ikonik, sehingga menjadi salah satu destinasi wajib ketika berkunjung ke Kota Iquique. Sedangkan bentuk arsitektur bangunan ini juga unik, yang mana menggabungan unsur elestic dan gothic, serta adanya unsur Moorish yang terlihat dari pilarnya. Serta sudah ditetapkan sebagai National Historic Landmark oleh Pemerintah Chili pada tahun 1987.

3. The Municipal Theater

Foto : en.wikipedia.org

The Municipal Theater juga jadi salah satu landmark keren yang ada di Iquique, di mana letaknya persis di depan Clock Tower dan Plaza Arturo Prat. Bangunan teater ini sudah berdiri sejak tahun 1890 dan dipergunakan sebagai pementasan berbagai drama yang marak sebagai hiburan pada saat itu. Sementara bentuk bangunan ini juga sangat unik yang mengedepankan unsur neorenaissance pada arsitekturnya dan dibuat dari bahan kayu dari Amerika Utara. Selain itu terdapat berbagai ornamen-ornamen berunsur klasik yang menjadikan bangunan ini begitu cantik.

4. Naval Museum

Foto : www.flickr.com

Kemudian terdapat Naval Museum yang juga menjadi destinasi wisata sejarah menarik yang ada di Iquique, serta letaknya yang strategis berada di pusat kota. Bangunan ini sudah mulai dibangun sejak tahun 1871 dan selesai pada tahun 1876, di mana saat itu kota ini masih menjadi wilayah negara Peru.

Bangunan ini dijadikan sebagai museum angkatan laut, pada tahun 1971 dan menyimpan berbagai macam benda-benda bersejarah angkatan laut Chili pada masa Perang Pasifik.

5. Humberstone and Santa Laura Saltpeter Works

Foto : travelationship.com

Terakhir, ada pula Humberstone and Santa Laura Saltpeter Works yang terdapat di sebelah timur Kota Iquique, yang merupakan kota mati bernama Humberstone dan Santa Laura, yang terletak di tengah Gurun Atacama. Kota yang berjarak 48 km dari kota Iquique ini dulunya merupakan pusat pertambangan Niter di Chili dan sudah ditinggalkan sejak abad ke 20.

Menariknya tempat ini meninggalkan berbagai bangunan kuno yang puing-puing pabrik, rumah, sekolah, bioskop dan berbagai fasilitas lainnya. Saat ini tempat ini menjadi tempat wisata menarik dan bahkan sudah masuk dalam Cagar Budaya UNESCO sejak tahun 2005.

Nah itu tadi kelima tempat wisata sejarah di Kota Iquque yang pastinya sayang banget untuk dilewatkan ketika berkunjung ke Chili. Kalau kalian mau berkunjung ke mana dulu nih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *