TRIPSPOT

Berbeda dari Museum Biasa, Ini 5 Museum Unik di Yogyakarta

Trippers.id – Yuhu Trippers, gimana nih sudah ada rencana untuk traveling belum ? Apa yang terlintas dibenak kalian jika mendengan kata “museum”, pastinya benda-benda kuno, bangunan besar yang tua lalu benda dengan tulisan kecil di depannya. Eits, tapi kali ini Trippers.id ingin menunjukkan beberapa museum yang fenomenal di Yogyakarta. Yups, kota yang istimewa ini memang banyak menyimpan keindahan yang tak terduga, begitu juga dengan jejak sejarah yang di torehkan dari orang-terdahulu. Tak salah untuk belajar dari sejarahkan trippers. Lima museum ini akan membawamu ke dunia masa lalu.

1. Museum Ullen Sentalu

Foto : visitingjogja.com

Museum ini sangat terkenal di kalangan wisatawan, percaya atau tidak percaya museum ini pada 2018 mendapat penghargaan kedua terbaik dari pengguna situs travel TripAdvisor, wow menarik bukan ?

Nama dari museum ini unik bukan trippers, tapi nama Ullen Sentalu ini bukan sembarang nama loh, Ullen Sentalu sendiri adalah singkatan dari bahasa Jawa yaitu “Ulating blencong sejatine tataraning lumaku” yang artinya “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”.

Dari namanya saja sudah unikkan trippers, harga masuk ke museum Ullen Sentalu ini cukup bervariasi, jika wisatawan dewasa domestik biasanya harga tiket masuknya Rp 40.000, untuk tiket anak-anak domestik Rp. 20.000 sedangkan untuk wisatawan mancanegara Rp. 100.000 dan untuk tiket anak-anak mancanegara Rp. 60.000. Di museum ini kamu dapat mengenal sejarah Kraton Solo dan Yogyakarta, karena didalam
museum ini terdapat banyak lukisan, foto-foto bangsawan pada zaman tersebut, arca Hindu dan Bhudha, gamelan serta ada juga koleksi kain batik Solo dan Yogyakarta yang ternyata memiliki arti tersendiri, menganggumkan bukan sobat trippers ?

Biasanya Museum terletak di tengah kota tapi kali ini berbeda letak Museum Ullen Sentalu ini di Kaliurang, Yogyakarta, tepatnya berjarak sekitar 3 km dari Museum Merapi. tepat sekali, museum ini berada tepat di kaki gunung Merapi, ketika berkunjung kesini mungkin sobat trippers akan disambut hawa yang sejuk, jadi bersiaplah memakai pakaian yang panjang dan hangat agar tidak kedinginan ya sobat trippers.

2. Museum Kolong Tangga

Foto : id.wikipedia.org

Hmm sobat trippers, apa yang terlintas dibenak kalian mendengar kata “Museum Kolong Tangga”, apakah museum yang dibawah kolong tangga ? Atau museum dengan kolong tangga yang banyak ?. Eits, jangan salah ya trippers, Museum Kolong Tangga ini adalah museum mainan pertama dan satu-satunya di Indonesia loh, dahulunya museum ini bernama “Museum Anak Kolong Tangga” nama dari museum sendiri terinspirasi dari letak bangunannya tepat berada tangga Concer Hall TBY lantai dua. Taman Budaya Yogyakarta (TBY) sendiri terletak di Jalan Sriwedani No. 1, Yogyakarta tepatnya di belakang Taman Pintar.

Museum ini memiliki koleksi mainan dan permainan tempo dulu, nah sobat trippers yang kangen banget sama permainan tempo dulu bisa langsung cuus nih ke Museum Kolong Tangga ini, disini tidak hanya menyediakan mainan dan permainan tempo dulu tetapi juga semua yang berhubungan tentang dunia anak-anak, bahkan koleksi dari museum ini mencapai 400 koleksi yang terdiri dari mainan, permainan, buku cerita, pester,gambar, dan lain-lain dari Indonesia maupun dari berbagai negara. Untuk harga tiket masuk kesini terbilang murah, karena dengan Rp. 4.000 sobat trippers bisa bernostalgia dengan permainan yang ada disana, menarik bukan sobat trippers ?

3. Musuem Dirgantara

Foto : www.nativeindonesia.com

Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala atau yang biasa disebut Museum Dirgantara, mendengarkan kata ini pasti sobat Trippers teringat wajah para TNI AU yang gagah dan berseragam bukan ?, eits jangan salah ini Museum loh ya sobat trippers, Museum Dirgantara ini merupakan Museum yang digagas oleh TNI Angkatan Udara yang mana memang sebagian besar berisi pesawat terbang yang pernah mengabadikan diri di lingkungan TNI AU, Museum ini berlokasi kurang lebih 6 kilometer arah Timur dari pusat kota Yogyakarta, di kompleks Pangkalan Udara Adi Sutjipto, Yogyakarta.

Museum Dirgantara ini terbilang lengkap karena koleksinya Museum ini menyimpan sejumlah foto tokoh-tokoh sejarah serta diorama peristiwa sejarah Angkatan Udara Indonesia. Cocok sekali bukan bagi sobat trippers yang suka sekali dengan aroma-aroma dirgantara. Jika sobat trippers bingung untuk Quality Time bersama anak, tempat ini menjadi rekomendasi dari Trippers.id karena tempat ini mempunyai beragam jenis pesawat yang dapat menari perhatian serta menjadi pengalaman berharga anak bisa melihat jenis pesawat.

Jika sobat trippers penasaran nih bagaimana sih rasanya menerbang pesawat, nah disini kalian bisa mencoba simulator untuk menerbang pesawat, sobat trippers pastinya akan mendapatkan pengalaman yang seru dong ketika mencoba simulator ini.

Percaya atau tidak tiket masuk ke Museum ini sangatlah terjangkau, hanya dengan membayar Rp. 2.000/orang kalian bisa menikmati pengalaman dirgantara di Museum ini, untuk jam buka pada jam 8 pagi dan akan tutup pada jam 4 sore. Cus buruan ke Museum Dirgantara kalian akan merasakan sensasi kedirgantaraan yang kental disini.

4. Museum Affandi

Foto : www.bookprimera.com

Museum Affandi tentunya sudah tidak asing lagi bagi para sobat Trippers, karena Museum ini menyimpan karya-karya dari seniman Indonesia yaitu Affandi Koesoma, bagi pecinta karya seni rupa sangat fenomenal dong, harga tiket masuk kemuseum ini terbilang tidak menguras kantong, untuk wisatawan lokal Rp. 25.000 dan wisatawan mancanegara Rp. 50.000, nah dikarenakan museum bisa dibilang berstandar internasional maka ada pembatasan penggunaan kamera.

Jika memakai kamera standar dikenakan biaya Rp. 20.000 dan menggunakan kamera ponsel Rp. 10.000. Untuk jam buka sendiri pada jam 09.00-16.00 di Museum Affandi ini kalian akan disungguhkan dengan karya-karya Affandi sampai ke cucu Affandi sendiri. Bahkan didalam Museum ini juga tidak hanya karya dari Affandi terdapat barang-barang milik pribadi Affandi seperti mobil, sepeda, ember dan bahkan sendal jepit Affandi. Cocok bukan untuk para sobat trippers yang hobi dengan seni rupa.

5. Museum Sandi

Foto : sewamobiljogja.id

Museum Sandi ini terletak di Jl. Faridan M Noto No.21, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Museum Sandi atau Code Museum merupakan museum kriptologi satu satunya di Indonesia. Meski ini namanya Code Museum, jangan harap kamu bisa menemukan makna dari kata “terserah” dari doi ya. Sebab isi museum sandi ini adalah perkembangan dan macam-macam persandiian di Indonesia.

Kamu tidak perlu khawatir soal biaya ya Trippers karena kamu tidak akan dipungut biaya apapun jika ingin melihat-lihat koleksi museum ini alaias gratis. Jam kunjung museum ini mulai dari senin sampai jum’at dan mulai dari jam 8 pagi hingga puku 4 sore.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *