TRIPSPOT

5 Tempat Wisata Medan Paling Hits

Hai Trippers… Medan merupakan kota terbesar ke 3 setelah Jakarta dan Surabaya serta menjadi kota terbesar di pulau Sumatera. Ibu kota Sumatera Utara ini juga dikenal sebagai kota pariwisata karena banyaknya destinasi wisata alam maupun buatan yang bisa dikunjungi.

Memuaskan liburan di Medan bisa jadi pilihan tepat karena beberapa tempat wisata ternyata cukup tersembunyi. Nah, bagi yang berlibur di Medan dan sekitarnya, silakan menyimak apa saja rekomendasi liburan di tanah Batak berikut ini selain Danau Toba ya….

1. Gedung London Sumatera

London sumatera medan

Gedung Lonsum, salah satu gedung bersejarah di Kota Medan. Instagram/amadine_tourtravel

Gedung London Sumatera yang disebut juga gedung Lonsum menjadi salah satu bangunan ikonik kota Medan. Gedung ini berada di Jl. Jendral Ahmad Yani yang tak jauh dari kawasan Merdeka Walks, Medan.

Gedung Lonsum memiliki ciri khas arsitektur bergaya Eropa dengan warna dominan putih. Bangunan ini berdiri pada masa pemerintahan kolonial Belanda dengan tinggi lima lantai. Sejak awal, gedung Lonsum belum pernah direnovasi sehingga keasliannya masih terjaga hingga saat ini.

Karena keistimewaan dari aspek sejarah inilah, gedung Lonsum ini menjadi obyek wisata bagi warga yang ingin melihat nuansa tempo dulu di kota Medan. Tak heran jika desain bangunan gedung kuno ini sering dijadikan latar belakang untuk swafoto terutama saat malam hari.

2. Kampung Ladang Outbound

kampung ladang outbond

Kampung Ladang outbound, one stop wahana outbound di Medan @kampung ladang outbound medan

Kampung Ladang Outbound yang berada di Kabupaten Deli Serdang ini menawarkan pemandangan indah serta suasana khas pedesaan. Di tempat ini terdapat taman luas serta telaga yang tenang sehingga cocok untuk jadi tempat wisata keluarga.

Terdapat juga wahana outbound yang seru untuk dimainkan seperti ATV, sampan, flying fox, aral rintang, fish game, trampolin, dan masih banyak lagi. Di sini juga ada beberapa spot foto untuk prewedding.

3. Air Terjun Dua Warna (Sibolangit, Sumut)

air terjun sibolangit

Air terjun dua warna Sibolangit Medan, salah satu wisata unik yang banyak diminati @Ronald Tagra (Flickr)

Wisata air terjun yang satu ini berada di bumi perkemahan Sibolangit. Air terjun ini memiliki dua warna yang berbeda yaitu biru dengan air dingin segar dan putih abu-abu dengan airnya yang hangat.

Di kawasan ini tidak hanya terdapat satu air terjun saja melainkan ada tiga. Untuk menuju ke air terjun ini dibutuhkan banyak usaha karena treknya yang cukup sulit harus masuk ke hutan hujan tropis. Di sini tidak ada fasilitas apa pun yang disediakan, jadi pengunjung harus menyiapkan perbekalan yang cukup.

4. Istana Maimun Medan

istana maimun medan

Istana Maimun, bekas tempat tinggal kerajaan Deli Serdang yang kini jadi destinasi wisata di Medan @Mimihitam (Wikimedia Commons)

Istana Maimun adalah bangunan bersejarah di kota Medan yang dulunya merupakan tempat tinggal dari kerajaan Deli Serdang. Arsitektur bangunan ini dirancang oleh arsitek asal Italia. Di sini pengunjung bisa belajar tentang kejayaan kerajaan Melayu dan budaya masa lalu di tanah Sumatera.

Fasilitas yang disediakan di antaranya toilet, tempat ibadah, penginapan, toko souvenir, tempat makan, dan lahan parkir yang luas. Pengunjung juga bisa menyewa pakaian adat untuk berfoto dan juga melihat meriam buntung.

5. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Kawah Putih dolok simalungun

Wisata kawah putih di Medan dengan panoramanya yang tak tertandingi @Asari Killua (Flickr)

Kawah ini memiliki mata air panas berwarna biru kehijauan, kawah ini dikelilingi batuan kapur putih sehingga terlihat seperti tertutup oleh es.

Di sisi lain terdapat sungai yang aliran airnya menyatu dengan mata air panas kawah ini, pengunjung bisa mandi dan main air di sekitar area ini karena airnya tidak terlalu panas.

————————————-

Sumber : goodnewsfromindonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *