TRIPSPOT

5 Sudut Kota Solo yang Keren Banget Buat Feeds Instagram Kamu

Trippers.id – Mungkin selama ini jika berbicara tentang pariwisata yang ada di Indonesia, nama Solo masih jarang terdengar dan dibicarakan. Solo masih kalah dengan Jogja untuk pariwisatanya. Namun, hal tersebut tidak berarti jika salah satu kota terletak di provinsi Jawa Tengah ini tidak memiliki pariwisata yang menarik untuk dikujungi.

Justru di balik kebisuan namanya, Solo memiliki potensi wisata yang keindahannya tidak bisa dianggap remeh. Bahkan kota yang memiliki tagline “The Spirit of Java” ini memiliki spot foto sarat akan sejarah dan budaya yang sangat menarik untuk diabadikan. Langsung saja simak artikel berikut ini!

1. De Tjolomadoe

Foto : travelspromo.com

Spot menarik pertama merupakan bekas Pabrik Gula Colomadu yang terletak di Karanganyar. Pabrik gula ini resmi direvitalisasi dan menjadi landmark pusat kebudayaan baru dengan nama baru De Tjolomadoe. Kondisi bangunan bekas pabrik gula ini sekarang memiliki interior yang lebih bagus, tamannya pun indah dengan penataan yang rapih. Buat kamu yang mencari spot foto yang keren di Solo, wajib kesini deh pokoknya! Baik bangunan luarnya maupun dalam sungguh instagramable.

2. Transformer Park

Foto : www.hipwee.com

Penggemar Film Transformers wajib mampir ke Kota Solo nih, karena sekarang di Kota Solo terdapat wahana yang bernama Transformers Park. Di sini pengunjung bisa berfoto dengan background mobil-mobil bekas yang disusun cantik layaknya yang ada di film Transformer. Ditambah lagi jika datang saat senja, foto yang diambil akan semakin terlihat bagus dengan gradasi warna langit yang indah.

Transformers Park terletak di timur Transmart Pabelan, Solo. Letaknya juga cukup strategis, karena tidak jauh dari jalan raya sehingga mudah sekali ditemukan. Untuk bisa masuk ke Transformer Park ini murah banget, lho. Hanya dengan uang sebesar Rp.5.000 saja kamu bisa berfoto ria di sini.

3. Waduk Cengklik

Foto : travel.detik.com

Kali ini adalah spot foto spesialis sunset dan sunrise di Solo. Wajib banget untuk mengunjungi Waduk Cengklik yang terletak di sekitaran Bandara Adi Sumarmo Solo. Meskipun fungsi utama waduk ini sebagai irigasi warga setempat, juga dapat berfungsi sebagai destinasi untuk memburu matahari terbit serta tenggelam. Memang nggak perlu diragukan lagi, sih keindahannya di sini.

4. Benteng Vastenburg

Foto : pesona.travel

Kali ini destinasi yang sarat sejarah, nih. Adalah Benteng Vastenburg, benteng peninggalan Belanda yang terletak di kawasan Gladak, Solo. Benteng ini dibangun tahun 1745 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Bentuk tembok benteng yang unik berupa bujur sangkar dengan warna putih yang ujung-ujungnya terdapat penonjolan ruang yang disebut selekoh (bastion). Bangunan terdiri dari beberapa barak yang terpisah dengan fungsi masing-masing dalam militer. Setelah kemerdekaan, benteng ini digunakan sebagai markas TNI untuk mempertahankan kemerdekaan. Wah, bisa berfoto sekaligus memperdalam ilmu sejarah, nih.

5. Candi Cetho

Foto : www.nativeindonesia.com

Candi Cetho merupakan candi bercorak agama Hindu yang diduga kuat dibangun pada masa-masa akhir era Majapahit (abad ke-15 Masehi). Lokasi candi ini berada di lereng Gunung Lawu pada ketinggian 1496 m di atas permukaan laut. Tepatnya di Desa Gumeng, Kabupaten Karanganyar. Jika ditempuh dari pusat Kota Solo memerlukan waktu 1 lebih 15 menit.

Candi Cetho merupakan destinasi favorit para pemuda pemudi karena memang spot-nya yang menarik, artistik, dan tentunya instagramable!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *