LatestTRIPSPOT

5 Air Terjun di Pasaman Barat yang Keren Banget

Trippers – Pasaman Barat menjadi salah satu kabupaten di Sumatera Barat dengan potensi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa wisata alam bisa kamu kunjungi di kabupaten tersebut. Ada pantai hingga gunung yang segar dipandang.

Salah satu wisata alam yang wajib untuk kamu kunjungi di Pasaman Barat yakni air terjun. Beberapa air terjun di sana belum banyak dijamah manusia, sehingga masih asri. Buat kamu yang tertantang untuk mengeksplorasi Pasaman Barat, beberapa air terjun berikut ini wajib dikunjungi.

  1. Air Terjun Siburai Burai Padang
Foto : www.trepelin.com

Beralih menuju Kecamatan Kinali, terdapat air terjun Siburai Burai Padang yang enggak kalah memesona. Kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 10 km dari jalan lintas menuju lokasi air terjun. Setelah itu, kamu bakal disuguhi hutan yang memanjakan mata.

Sayangnya, akses jalan menuju lokasi air terjun ini masih belum dikelola dengan baik. Makanya, kamu perlu mempersiapkan kondisi fisik yang prima dan kendaraan yang memadai, ya!

  1. Air Terjun Sarasah
Foto : rentalmobilpadang.co.id

Air terjun Sarasah atau yang juga disebut Sarasah Kajai terletak di kaki Gunung Talamau. Lebih tepatnya di Kanagarian Kajai, Kecamatan Talamau. Lokasinya hanya sekitar 3 km dari jalan raya.

Tentu, kamu perlu berjalan kaki untuk dapat menikmati kesegaran air terjun tersebut. Air terjun ini memiliki dua tingkatan. Kamu perlu menempuh perjalanan sekitar satu hingga dua jam untuk berjalan kaki. Setelah sampai di air terjun tingkat pertama, kamu harus melalui medan yang cukup terjal untuk sampai di tingkat kedua. Cocok banget nih buat kamu yang suka dengan sensasi berpetualang di alam bebas.

  1. Air Terjun Kemuning
Foto : www.riaubook.com

Beralih ke air terjun Kemuning yang berada di daerah Parit, Kecamatan Koto Balingka. Air terjun kali ini tidak setinggi dan sederas sebelumnya. Tapi, kolam alaminya bisa kamu gunakan untuk sekedar berendam.

Kabar baiknya, medan yang kamu lalui menuju lokasi air terjun terbilang mudah. Jadi, kamu bisa menggunakan sepeda motor sembari menikmati udara sejuk. Tetap hati-hati, ya!

  1. Air Terjun Situak Si Pagogo
Foto : takaitu.id

Terakhir yang enggak kalah eksotis dari sebelumnya, yakni air terjun Situak Sipagogo. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai Sampuran Situak Lotok Sipagogo. Lokasinya berada di Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang.

Kalau kamu mau berkunjung ke sini, perlu menempuh perjalanan sekitar 30 menit menggunakan kendaraan bermotor dari Pasar Ujung Gading. Setelah sampai di desa terdekat, kamu masih harus berjalan kaki sekitar 30 menit lagi. Sesampainya di lokasi air terjun, kamu disuguhi gemericik dan warna air yang kebiruan. Segar!

  1. Air Terjun Lenggo Geni
Foto : www.youtube.com

Masih berada di wilayah Gunung Talamau, kali ini ada air terjun Lenggo Geni yang bisa kamu kunjungi. Lokasinya enggak jauh dari Simpang Empat, tepatnya di Nagari Pinaga. Buat kamu yang mau ke sini, perlu berjalan kaki melalui rute pendakian Gunung Talamau.

Air terjun Lenggo Geni tingginya mencapai 20 meter dengan kolam almi yang bisa digunakan untuk berenang. Kamu pun bisa menikmati kesegarannya dengan leluasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *