TRIPTIPS

Tips Menjaga Kesehatan Supaya Gak Gampang Sakit Selama Work From Home!

Trippers.id – Akibat pandemi virus SARS-CoV-2 yang semakin meluas dan menyebabkan penyakit COVID-19, banyak perusahaan yang memberi kebijakan work from home (WFH) kepada karyawannya. Meski tidak semua perusahaan memberlakukan aturan ini, WFH cukup efektif untuk memotong rantai penyebaran virus.

Tetapi, WFH rentan membuat kita tidak sehat karena kurang bergerak dan terlalu banyak ngemil. Lantas, bagaimana cara supaya tetap sehat saat WFH?

1. Sering melakukan peregangan

Duduk menghadap komputer atau laptop terus-menerus akan membuat leher, punggung dan pinggang kaku. Agar ini tak terjadi, Dr. Joseph D. Salamone menyarankan agar kita sering-sering melakukan peregangan, sarannya di laman CBS News.

Setidaknya, ada tiga peregangan yang harus dilakukan. Yaitu peregangan tulang belakang, hamstring dan leher. Peregangan tulang belakang bisa dilakukan setelah bangun tidur serta peregangan leher sebanyak 2-3 kali sehari agar tidak kaku dan memperbaiki postur tubuh.

2. Sempatkan waktu untuk berkomunikasi dengan orang yang disayangi

Bekerja terus-menerus di rumah akan membatasi waktu kita untuk berinteraksi dengan manusia lain. Padahal, saat di kantor, kita terbiasa bertemu, mengobrol dan makan siang bersama rekan kerja. Alhasil, kebutuhan sosial dan psikologis kita kurang terpenuhi saat sedang WFH.

Menurut Cathleen Swody, psikolog industri dan organisasi, menyebut bahwa keterasingan sosial adalah hal yang nyata. Apalagi, dalam masa isolasi yang cukup lama, hingga 14 hari atau bahkan lebih. Untuk menjaga pikiran agar tetap sehat, hubungi teman, kekasih atau keluarga lewat chat atau telepon saat sedang break sejenak dari bekerja.

3. Buat ruang kerja yang ergonomis

Agar bisa bekerja sama profesionalnya seperti di kantor, buatlah ruang kerja khusus di rumah. Atur bagian sudut ruang tamu atau meja menjadi tempat untuk “ngantor” di rumah. Namun, pastikan agar ruang kerja itu ergonomis serta tidak membuat sendi-sendi kaku dan tegang.

Menurut Jonathan Cinkay, ahli terapi fisik dan koordinator mekanika tubuh dari Hospital for Special Surgery, New York, atur meja dan kursi agar siku dapat ditekuk dengan sudut 90 derajat, jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi. Lalu, posisikan layar komputer atau laptop sejajar dengan mata.

4. Sediakan snack sehat untuk camilan

Apa camilanmu saat bekerja di kantor? Mungkin, sebagian dari kita akan menjawab onion ring, crispy chicken atau batagor. Padahal, camilan itu tinggi kalori dan cenderung tidak sehat. Lebih baik, ganti camilanmu dengan yang lebih bergizi dan sehat.

Kamu bisa memotong buah kesukaanmu dan menjadikannya snack. Buah yang direkomendasikan adalah apel, pisang, pir, buah naga hingga kiwi. Untuk mencukupi kebutuhan protein, kamu bisa memakan telur rebus atau roti gandum yang diolesi selai kacang sebagai camilan.

5. Berikan waktu agar mata bisa beristirahat

Mata adalah organ yang bekerja paling keras saat WFH. Sesekali, kamu harus memberikan kesempatan agar mata bisa beristirahat. Caranya bermacam-macam, seperti mengurangi kecerahan (brightness) di layar komputer atau mengistirahatkan mata setiap 20-30 menit sekali.

Apabila mata sudah terlalu kering, coba beri obat tetes mata untuk menjaga kelembapan, saran laman Mayo Clinic. Selain itu, jaga kelembapan udara dengan humidifier agar mata tidak cepat kering dan gunakan kacamata agar minus di mata tidak bertambah.

6. Sisihkan waktu untuk berolahraga

Peregangan saja tak cukup, kamu perlu berolahraga dari rumah. Manfaatkan benda yang ada di sekitarmu untuk dijadikan alat, misalnya naik-turun tangga, push up di lantai atau menjadikan botol berisi air sebagai barbel. Yang penting, tubuhmu tetap bergerak dan berkeringat!

Tidak perlu lama-lama, durasi 30 menit olahraga per hari itu sudah cukup. Apabila dilakukan secara rutin, kita bisa menurunkan berat badan sebanyak 8 pound (3,6 kilogram) dalam tiga bulan, ungkap laman Web MD. Kalori terbakar, tubuh jadi bugar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *