TRIPTIPS

Tips Mengatur Uang Jajan Ala Anak Kost

Trippers.id – Demi menempuh pendidikan ataupun mengejar cita-cita, anak muda jaman sekarang banyak yang merantau ke kota lain dan tinggal di kost-kostan. Hidup sendirian mengharuskan mereka untuk mandiri dan dapat mengatur keuangan mereka sendiri. Tapi, mengelola keuangan sendiri itu tidaklah mudah terutama bagi anak kos. Berikut ini beberapa tips untuk anak kos agar dapat mengelola uang jajannya dengan baik.

1. Mengatur uang jajan harian

Tips pertama adalah kamu harus mengatur pengeluaranmu per hari. Simpan uang secukupnya di dompetmu, jangan terlalu banyak supaya nggak boros. Lakukan ini tiap hari! Jika tidak, yakin deh uang jajanmu akan cepat habis di awal pekan atau awal bulan. Dengan begitu uang yang kamu gunakan hanya untuk hari itu saja.

2. Menabung

Ini hal simple tapi sulit banget dilakukan. Anak kost biasanya akan sulit menabung uangnya. Padahal, kalau setiap hari kamu bisa menyisihkan seribu saja, di akhir bulan kamu masih memiliki Rp 30 ribu. Lumayan kan! Maka dari itu, budayakan menabung ya.

3. Jangan terlalu sering membeli hal yang tidak perlu

Hidup sendiri membuat anak kost bisa menjadi boros dan membeli hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan. Kebiasaan ini bisa menipiskan uang jajan kalian lho! Jadi, kurangi membeli hal yang sebenarnya tidak begitu kalian perlukan. Sebelum membeli, pertimbangkan dulu apakah hal yang akan kamu beli itu berguna atau tidak.

4. Memasak di kost

Kamu anak kost tetapi tidak bisa memasak? Belilah buku resep memasak atau browsing di internet bagaimana cara memasak. Karena, memasak makanan sendiri di kost itu sangat membantu saving your money loh. Biaya berbelanja bahan makanan akan lebih murah dibandingkan kamu membeli makanan di luar. Daripada uangmu habis untuk makan di luar, lebih baik kamu tabung tuh.

5. Batasi kegiatan yang mengeluarkan uang banyak

Biasanya anak kost akan lebih sering keluar atau jalan bareng teman-temannya. Karena, tidak ada orang tua yang menunggu di rumah dan tidak ada yang mengontrol kemana pun kamu pergi.

Semakin sering jalan bareng teman, sering pula uang keluar dari dompet kita. Nonton, karaoke, ataupun nongkrong terlalu sering itu membuat uang jajanmu akan cepat habis. Maka dari itu, kurang-kurangin ya!

6. Selalu membawa air minum dari kos

Hal kecil ini beneran berguna loh! Kalau kemana-mana kamu selalu membawa air minummu sendiri, kamu tidak akan membeli lagi di kios, kantin ataupun di minimarket. Selain itu, kamu juga bisa menghemat uang jajanmu. Percaya deh!

7. Bekerja part time

Untuk kamu anak kost yang ingin menambah uang jajan, bisa nih kamu kerja part time. Lumayan nih untuk menambah uang jajan kamu. Bayangkan jika tiba-tiba orang tuamu terlambat mengirimkan uang jajan, kamu masih aman karena memiliki gaji dari hasil keringatmu sendiri.

8. Makan di tempat yang harganya terjangkau

Kalau kamu lagi malas masak dan ingin makan di luar itu tidak apa-apa. Tapi, pilih juga tempat makan yang ingin kamu datangi. Makan di tempat yang harganya terjangkau membuat kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Kamu akan mendapatkan kepuasan di perut dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Tapi ingat, tetap cari tempat makan yang bersih ya agar kesehatanmu juga terjaga!

Itu dia beberapa tips mengelola uang jajan untuk anak kos agar keuangan kalian tetap aman. Memang berat ya jadi anak kost, tapi harus tetap semangat! Jangan lupa menabung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *