TRIPTIPS

Tips Mengatur Jam Tidur saat Work From Home

Trippers.id – Siapa nih yang sering begadang sejak work from home atau study from home mulai diterapkan? Atau malah jadi kebanyakan tidur sampai siang? Jam tidur yang berantakan bisa berpengaruh ke produktivitasmu, lho. Belum lagi, kualitas tidur yang buruk juga bisa berdampak pada imunitasmu. Jadi, penting bagimu untuk menjaga jam tidur setiap harinya.

Lalu, bagaimana caranya memperbaiki jam tidur yang berantakan saat kamu di rumah saja? Dilansir laman Sleep dan Mind Body Green, coba tujuh cara ini deh!

1. Bangun rutinitas

Kebiasaan tidur sehat dimulai dengan tidur dan bangun pada jam-jam yang sama setiap harinya. Segeralah tidur kalau memang memasuki waktunya dan bangunlah pula pada waktunya. Membangun rutinitas akan membantu tubuhmu menyesuaikan diri. Jadi, tidak ada lagi yang namanya begadang atau terlalu banyak tidur.

2. Jangan mengubah jam kerja atau belajar

Kalau kamu sudah terbiasa bekerja atau belajar saat pagi, usahakan untuk tidak mengubahnya ke lain waktu. Kerja atau belajar dari rumah memang lebih fleksibel untuk urusan waktu, tapi kamu perlu mempertimbangkan jam tubuhmu juga.

Kenali kapan kamu merasa paling fokus dan penuh energi. Manfaatkan waktu tersebut untuk bekerja atau belajar.

3. Relaksasikan tubuh saat hendak istirahat

Memasuki waktu istirahat, lakukan aktivitas yang tidak terlalu menyita banyak energi dan pikiran. Coba lakukan meditasi, yoga, atau hal-hal yang membuatmu relaks. Hal ini akan membantu tubuhmu untuk memasuki fase istirahatnya. Batasi penggunaan gawai dan paparan cahaya biru yang justru membuatmu sulit tidur.

4. Jangan tidur siang terlalu lama

Kalau kamu punya kebiasaan tidur siang atau ingin memulai kebiasaan tersebut, usahakan untuk tidak tidur siang terlalu lama. Selain bikin kamu sulit tidur pada malam harinya, tidur siang terlalu lama juga malah bikin kamu capek. Menurut National Sleep Foundation, kamu cuma perlu 20 menit tidur siang untuk dapat manfaatnya.

5. Berjemur di bawah sinar matahari pagi

Selain bagus untuk menjaga imunitas, berjemur di bawah sinar matahari pagi juga membantumu memperbaiki jam tidur yang berantakan. Kamu juga gak perlu berjemur lama-lama di luar kok. Membiarkan tubuh terkena sinar matahari pagi sudah cukup membantunya untuk mengatur jam alaminya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *