TRIPTIPS

Tips Bahagiakan Diri dengan Selalu Berfikir Positif

Trippers.id – Fenomena photo editing agar tampak glowing dibanding wajah asli, body shaming dan standar kecantikan berupa kulit putih dan cerah merupakan sederet contoh betapa banyaknya orang yang tidak berpuas diri terhadap kondisi fisik yang dimilikinya. Rasa tidak puas yang terus mendera lama-lama bikin kita gak bahagia saat jadi diri sendiri. Pengaruhnya akan sampai pada mood dan cara pandangmu terhadap sesuatu.

Padahal, rumus bahagia itu simpel banget, loh. Salah satu caranya lewat body positivity. Apa itu?

Body positivity adalah sikap menerima disertai rasa bangga terhadap hal yang melekat pada fisik dan psikologi diri sendiri. Warna rambut, kulit, tinggi badan, bentuk perut, bentuk kaki hingga watak dan karakter diri.

Itu sebabnya, body positivity bukan sekadar tidak memusingkan perut buncit dan pinggang langsing saja tapi juga siap melakukan perubahan karena ingin memiliki kualitas pribadi yang lebih baik.

Nah, bagaimana cara body positivity yang tepat? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Bersyukur dengan bentuk tubuh yang telah Tuhan anugerahkan sejak lahir

Setiap manusia yang lahir punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada orang yang fisiknya sempurna, tapi punya kekurangan di sisi mental. Ada juga orang yang disabilitas namun punya tekad dan kerja keras yang mengagumkan.

Kuncinya, syukuri segala pemberian Tuhan meskipun kamu tidak berhidung mancung. Lihatlah sisi kekuatanmu yang lain untuk melejitkan diri.

2. Rajin merawat diri secara fisik dan psikologis

Bersyukur tidak lantas membiarkan fisikmu kotor, sakit dan tidak terawat. Sebaliknya, kamu wajib menjaga tubuhmu dengan beragam perawatan yang wajar. Mandi, menggunakan kosmetik, sesekali mengunjungi pusat kecantikan dan tampil memukau saat berpergian.

Tidak hanya fisik yang penting kamu rawat. Karakter atau kepribadian dan kualitas diri juga krusial untuk diperhatikan. Menjaga emosi, tidak mudah iri dengki, tegas, ramah, ceria dan tidak murung adalah contohnya.

3. Membuang opini negatif dari pikiran mengenai tubuh sendiri

Selain itu, menjaga pikiran dari prasangka buruk atau opini negatif tentang tubuh sendiri yang berujung frustrasi juga tidak kalah pentingnya. Pikiran atau mindset adalah hal yang akan mengarahkan cara pandang kita terhadap sesuatu di sekitar termasuklah tubuh kita sendiri.

Semakin positif isi pikiran kita, maka semakin besar pancaran body positivity yang terungkap. Maka, semakin besar pula rasa cinta kita terhadap diri sendiri.

4. Sibuk berkarya tanpa merasa risih dengan kekurangan fisik

Bentuk body positivity lainnya adalah dengan sibuk berkarya tanpa memandang fisik kita seperti apa. Sebab, karya landasannya pada passion, bukan kesempurnaan fisik berdasarkan standar yang terbentuk di benak orang banyak.

Bukan tidak mungkin jika wajah seorang make up artis ternyata tidak secerah karya riasannya pada wajah orang lain. Bahkan, banyak orang dengan disabilitas lebih berdaya di bidang pekerjaannya. Begitulah sejatinya mental berkarya. Apa pun halangan dan rintangannya, kamu tetap mampu tidak peduli bagaimana rupa fisikmu.

5. Menularkan semangat pada orang lain yang bermasalah dengan kepercayaan diri terhadap tubuhnya sendiri

Jangan lupa untuk membagikan semangat percaya dirimu pada teman, keluarga atau para follower-mu di medsos. Banyak di antara mereka yang bermasalah terhadap kepercayaan diri terhadap tubuhnya secara keseluruhan.

Jadilah agen penyemangat bagi orang lain agar lebih banyak orang bahagia tanpa berpatokan pada kesempurnaan tubuh, tapi lebih kepada penerimaan diri secara tulus.

Nah, itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk bahagia lewat body positivity. Jangan lupa senyum, Trippers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *