TRIPTIPS

Tips Aman Menggunakan Pesan Antar Makanan Saat Social Distancing!

Trippers.id – Untuk mencegah penyebaran virus Corona jenis baru, masyarakat dihimbau untuk melakukan isolasi mandiri. Beberapa sekolah pun diliburkan selama dua pekan dan para karyawan dihimbau untuk bekerja dari rumah. Selama masa tersebut, memesan makanan dengan layanan antar atau delivery order bisa menjadi solusi untuk mengatasi perut lapar.
Namun, apakah aman memesan makanan melalui layanan antar di tengah pandemi virus Corona seperti saat ini?

Melansir laman New York Post, profesor keamanan oangan dari Cornell University, Martin Wiedmann, mengatakan bahwa risiko tertular virus Corona melalui makanan sangat kecil.  Asalkan restoran dan pihak layanan antar melakukan tindakan pencegahan virus dan menjaga kebersihan, Covid-19 tidak akan menyebar melalui jasa pengiriman makanan.

Kita memang tidak bisa memastikan bahwa orang-orang yang terlibat dalam proses pembuatan makanan yang kita pesan telah menjaga kebersihan dirinya. Namun, restoran biasanya memiliki standar operasional khusus mengenai kebersihan makanan yang mereka produksi.

Data CDC dan FDA juga mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada bukti bahwa Covid-19 dapat ditularkan melalui makanan atau kemasan makanan, meski virus tersebut bisa bertahan di permukaan hingga sembilan hari.

Kemungkinan besar virus Corona jenis baru ini menyebar dari kontak langsung antara petugas layanan antar ke pelanggan atau sebaliknya.

Lalu, bagaimana cara aman memesan makanan melalui layanan antar? Melansir laman Eater, berikut tips aman memesan layanan antar dari pelanggan:

1. Jaga Jarak dengan Petugas Layanan Antar

Ahli kesehatan dari George Washington University School of Medicine, Michael Knight, mengatakan bahwa Covid-19 menular lewat kontak langsung antar manusia bukan dari makanan.
Berdasarkan panduan CDC, kita harus menjaga jarak minimal 2 meter ketika harus melakukan kontak langsung dengan orang lain. Kita juga bisa meminta petugas layanan antar menaruh makanan di depan pintu atau lokasi tertentu tanpa interaksi peribadi demi mencegah penularan virus.

2. Buang atau Bersihkan Permukaan yang Mungkin Terinfeksi

Menurut CDC, penularan Covid-19 bisa terjadi karena kita menyentuh mulut, hidung atau mata setelah menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi dengan virus. Oleh karena itu, kita harus tetap waspada. Demi menjaga keamanan diri, sebaiknya kita membuang kemasan yang disertakan dalam pengiriman makanan.

Kita juga harus membersihkan seluruh permukaan yang bersentuhan dengan jasa pengiriman makanan tersebut menggunakan cairan desinfektan.

3. Jaga Kebersihan Diri

Rajin mencuci tangan adalah cara terbaik untuk melindungi diri dari infeksi virus Corona. Jadi, kita harus mencuci tangan minimal selama 20 detik setelah menyentuh permukaan yang berpotensi terkontaminasi oleh virus tersebut.

Gunakanlah sabun dan air mengalir untuk mencuci tangan. Jika tidak tersedia, kita bisa menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.

Selain itu, kita juga harus menghindari menyentuh wajah dengan tangan kotor serta menutup mulut saat batuk dan bersin.

4. Hindari Berbagi Makanan dan Peralatan Makan

Di tengah situasi pandemi saat ini, sebaiknya kita tidak berbagai makanan dan alat makan dengan orang lain. Jika kita ingin berbagai makanan dengan orang lain, sebaiknya gunakan pring terpisah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *