TRIPTIPS

Ternyata Walaupun Imun Kita Kuat Tapi Bisa Membawa Virus Lho, Kamu Harus Cegah dengan 5 Hal Ini!

Trippers.id – Selama ini, yang kita tahu saat seorang sudah terpapar dan terjangkit virus maka mereka akan menunjukan gejala-gejala tertentu. Tapi kalau sekarang sih lain soal ya. Faktanya, seseorang bisa saja merasa tetap sehat walau terjangkit virus. Lebih bikin merinding lagi, orang yang sudah terjangkit virus dan tetap merasa biasa saja ini ternyata juga bisa menjadi ‘kurir’ virus. Nah, biar kamu nggak panik dan justru melakukan sesuatu yang merugikan dirimu dan orang lain, lebih baik simak 5 hal ini yuk. Cegah virus itu mudah kok! Keep scrolling ya!

1. Secara rutin mencuci tangan dengan cara standar dari WHO

Ini jadi anjuran pertama yang wajib kamu lakukan nih. Bukan sembarang cuci tangan ya, untuk menghilangkan virus yang mungkin menempel di permukaan tangan kita, kamu harus mencuci tangan selama kurang lebih 20 detik, dari mulai permukaan telapak tangan, sela-sela jari hingga sela-sela kuku sesuai dengan standar WHO yang sudah dirilis di situs resmi. Oh iya, selain itu jangan lupa ya kamu juga harus menggunakan sabun untuk mencuci tangan, karena air saja gak cukup!

2. Memakai masker jika sedang tidak enak badan atau sakit

Beberapa waktu yang lalu kamu mungkin sempat mendengar banyak berita tentang persediaan masker yang sempat langka di pasar. Nah, buat kamu yang sedang berpikir untuk membeli masker, kamu harus tanyakan lagi pertanyaan ini, “Apakah kamu sedang sakit?” Karena faktanya, masker ternyata hanya diperuntukkan mereka yang sedang sakit lho. Jadi kalau kamu memang sedang tidak enak badan dan harus keluar rumah, memakai masker ini jadi suatu kewajiban buat kamu!

3. Meski bosan, social distancing atau di rumah aja jadi kuncinya

Untuk memperkecil peluang penyebaran virus, berdiam di rumah dirasa lebih efektif dalam upaya social distancing. Walau berdiam diri di rumah rentan membuat kita bosan, tapi ingat yaa buat tetap #DiRumahAja, karena walau sehat dan nggak menunjukan gejala-gejala, kita bisa menjadi “kurir” untuk virus. Kasihan kan orangtua lanjut usia atau mereka yang imunnya lebih lemah dari kita?

4. Selalu membawa hand sanitizer saat harus keluar rumah jika darurat

Buat mencegah virus, kita memang diharuskan untuk mencuci tangan secara rutin. Tapi nggak bisa dipungkiri mungkin kita berada di momen-momen di mana kita tidak bisa membersihkan tangan dengan mencucinya. Nah, di momen seperti ini, kamu bisa menggunakan hand sanitizer, untuk memastikan tangan kamu dalam kondisi yang bersih tanpa virus dan bakteri. Tapi ingat ya, kalau kamu sedang berada di rumah, cuci tangan tetap harus jadi pilihan pertama.

5. Membersihkan beberapa barang yang sering disentuh dengan disinfektan

Selama berada di rumah, penting nih buat rutin membersihkan barang-barang yang biasa kamu sentuh atau gunakan. Membersihkannya pun nggak cukup jika dilakukan dengan cara yang biasa seperti sedang menghilangkan debu saja. Kamu juga perlu membasuhnya dengan desinfektan untuk menjaga kebersihannya agar tetap steril. Beberapa barang yang wajib kamu bersihkan dengan desinfektan misalnya seperti kursi, meja, laptop, handphone atau stick video game console kamu. Jaga kebersihan ya, Trippers!

Saat ini, kita bisa lho jadi pahlawan kemanusiaan dengan tetap berada di rumah. Walau bosan, ingat ya, #DiRumahAja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *