TRIPTIPS

Suka Typo? Coba Tips Ini untuk Mengurangi Kesalahan di Microsoft Word

Trippers.id – Typo (typographical error) atau salah ketik sebenarnya adalah hal manusiawi dan wajar terjadi. Sering atau jarang, kamu pasti pernah typo, kan? Sayang banget kan kalau kamu sudah membuat tulisan bagus, tapi kemudian ada typo di tulisanmu itu? Ibarat pepatah, “karena nila setitik, rusak susu sebelanga”.

Lebih dari itu, typo bisa juga berakibat fatal. Ini sering terjadi terutama kalau kamu menulis kata yang punya nilai sensitif atau komposisi penulisan mirip kosakata lain. Karena typo, bisa-bisa kamu memberikan informasi yang salah.

Supaya gak sering typo lagi, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan!

1. Periksa ulang tulisanmu kata demi kata

Foto : legaintegra.es

Setelah kamu menyelesaikan tulisanmu, jangan malas untuk memeriksa kembali tulisanmu kata demi kata. Cara ini efektif untuk menghilangkan typo yang ada di tulisanmu. Saat memeriksa ulang tulisanmu, hindari metode membaca cepat (skimming) karena ini bisa membuatmu melewatkan typo yang ada.

Kamu bisa membaca ulang tulisanmu langsung di Microsoft Word atau dengan mencetak (print) tulisan tersebut. Umumnya, tampilan tulisan dalam versi cetak bisa membuat kita lebih mudah dan fokus dalam membacanya.

Saat membaca ulang tulisanmu, kamu juga bisa sambil mengeluarkan suara sehingga membuatmu lebih fokus pada detail kata per kata. Baca dengan tempo dan volume sedang. Jangan terburu-buru membacanya karena ini bisa jadi sama saja dengan metode skimming.

2. Menggunakan software atau website pendeteksi typo

Foto : www.youtube.com

Saat ini tersedia berbagai software atau website pendeteksi typo yang bisa kamu manfaatkan. Untuk tulisan dalam bahasa Indonesia, kamu bisa menggunakan Typo Online (typoonline.com). Untuk tulisan berbahasa Inggris, ada lebih banyak pilihan seperti misalnya Ginger software (gingersoftware.com), LanguageTool (languagetool.org), Grammarly (app.grammarly.com), dan masih banyak lagi.

Beberapa website di atas ada yang gratis dan ada yang berbayar. Di Microsoft Word sendiri, ada fitur bernama “Spell & Grammar Checker” yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Meski begitu, karena software atau website ini adalah buatan manusia, bisa jadi hasilnya gak selalu benar. Karena itu, pastikan kamu tetap mengeceknya secara manual untuk mendapatkan hasil tulisan yang maksimal.

3. Meminta bantuan atau menggunakan jasa proofreading

Foto : mitrabahasa.com

Kalau kamu kurang puas cek ulang tulisan sendiri atau menggunakan software, kamu bisa minta tolong temanmu untuk melakukan proofreading. Proofreading merupakan kegiatan kegiatan membaca ulang seluruh isi dari draft tulisanmu dari awal hingga akhir untuk memeriksa segala kesalahan penulisan, termasuk typo.

Proofreading ini umumnya dilakukan oleh orang lain selain penulis. Kalau kamu meminta bantuan teman, sebaiknya kamu memilih teman yang memiliki ketelitian tinggi untuk mengoreksi tulisanmu. Semakin banyak orang yang melakukan proofreading pada tulisanmu, maka kesalahan typo yang ada bisa semakin diminimalkan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jasa proofreading berbayar. Saat ini, banyak tersedia jasa proofreading profesional atau freelance dengan kualitas yang baik dan harga terjangkau.

4. Hindari penggunaan autocorrect

Foto : tarminag.wordpress.com

Dalam Microsoft Word, terdapat fitur bernama autocorrect yang didesain untuk memperbaiki typo. Meski begitu, fitur ini terkadang justru bisa mengacaukan tulisanmu. Ini sering terjadi terutama kalau kamu menggunakan autocorrect yang berbeda dengan bahasa yang kamu pakai.

Selain itu, prediksi autocorrect juga bisa saja gak sesuai dengan kata yang ingin kamu sampaikan di tulisanmu. Karena itu, jangan sampai kamu terlalu mengandalkan fitur autocorrect tanpa memeriksa kembali tulisanmu secara manual.

5. Menggunakan fitur “find and replace”

Foto : review.bukalapak.com

Dalam Mirosoft Word, tersedia fitur “find and replace”. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mengecek typo pada tulisanmu. Misalnya, kesalahan penulisan “dan” menjadi “dna”, “atau” menjadi “atua”, “ketika” menjadi “ketka”, “untuk” menjadi “untk”, dan masih banyak lagi.

Dengan fitur “find and replace”, kamu bisa mengetikkan kesalahan kata-kata tersebut. Apabila kesalahan tersebut terdeteksi, kamu bisa menyunting langsung.

Selamat mencoba Trippers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *