TRIPTIPS

Sakit Tenggorokan? Kamu Bisa Coba 6 Cara Ini untuk Mengatasinya!

Trippers.id – Sakit tenggorokan bisa membuat kita menjadi tidak nyaman. Bicara susah, menelan susah, apalagi untuk makan. Sakit yang dirasakan biasanya berasal dari iritasi pada tenggorokan karena virus atau bakteri. Adanya serangan partikel asing tersebut merangsang sistem imun tubuh untuk membuat inflamasi dan membengkakkan membran lendir yang terletak pada bagian tenggorokan atas. Pada umumnya gejala ini muncul saat kita akan terserang flu, batuk, atau radang tenggorokan.

Untungnya, ada banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa sakit tersebut. Kira-kira apa aja ya Trippers?

1. Larutan Cuka Apel

Siapa yang tidak tahu cuka apel? Ini adalah tonik kesehatan yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional sejak berabad-abad yang lalu. Ada banyak khasiat yang tersimpan, salah satunya adalah meredakan gejala flu seperti batuk dan sakit tenggorokan.

Untuk mengonsumsinya kamu perlu mencampurkan satu sendok makan cuka apel dengan segelas air mineral. Agar terasa lebih enak, kamu bisa menambahkan satu sendok makan madu. Larutan tersebut mengandung sifat antibakteri sehingga bisa membantu meredakan rasa sakit akibat inflamasi.

2. Campuran Madu dan Rempah-rempah

Tenggorokan yang gatal dan iritasi membutuhkan pelumas untuk mencegah kondisinya semakin buruk. Dilansir dari Health, kamu bisa mencampurkan madu, bubuk kayu manis, sedikit lada hitam, dan bubuk jahe. Madu berfungsi sebagai antivirus dan bakteri, sedangkan rempah-rempah bisa menopang sistem kekebalan tubuhmu.

Untuk jumlahnya, kamu cukup mengira-ngira saja karena tidak akan berpengaruh. Campur semuanya hingga rata, kemudian telanlah dengan perlahan. Campuran tersebut akan membantu melapisi tenggorokanmu sehingga rasa sakit bisa berkurang.

3. Kumur-kumur dengan Air Garam

Metode berikutnya yang bisa kamu coba adalah berkumur dengan air garam. Cara ini terkenal untuk meredakan sakit tenggorokan secara alami. Kenapa bisa seperti itu? Dilansir dari Medical News Today, garam ternyata bisa membantu mengurangi inflamasi dan menarik cairan yang ada di jaringan tenggorokanmu. Ini bermanfaat untuk membunuh mikroba yang tidak diinginkan.

Cara mempraktikkannya cukup gampang. Tinggal campurkan secangkir air hangat dengan satu sendok teh garam. Aduk larutan tersebut hingga larut. Berkumurlah selama 30 detik dan ulangi setiap jam sekali.

4. Air Lemon

Lemon memiliki kandungan yang baik untuk mencairkan lendir di tenggorokan sehingga bisa meredakan rasa sakit. Tidak hanya itu, vitamin C yang terdapat di dalamnya juga mampu meningkatkan kekuatan sistem imun untuk melawan iritasi.

Untuk mengonsumsinya, kamu memerlukan satu buah lemon. Peras airnya, campurkan dengan air dan madu atau larutan air garam. Kombinasi tersebut baik untuk memaksimalkan manfaatnya.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memang kaya akan manfaat, terutama untuk kesehatan. Dilansir dari Medical News Today, minyak tersebut bisa membantu melawan infeksi, mengurangi inflamasi, dan meredakan rasa sakit. Tidak cukup sampai di situ, ia juga bisa menenangkan karena membantu melumasi membran lendir di tenggorokan.

Bagaimana cara terbaik untuk mengonsumsinya? Kamu bisa mencampurkan satu sendok makan minyak kelapa dengan teh hangat, sup, atau larutan herbal lain yang kamu minum. Jika kamu tidak mau ribet, cukup ambil dua sendok makan minyak dan telan secara perlahan agar ia melapisi tenggorokanmu.

6. Teh Herbal

Minum teh herbal saat sedang sakit tenggorokan adalah cara lain untuk meredakan sakit yang kamu rasakan. Menurut Health Line, teh herbal yang paling direkomendasikan adalah teh peppermint dan chamomile.

Ini karena peppermint mengandung zat antiinflamasi yang bisa melegakan tenggorokan. Sedangkan teh chamomile bisa membantu melawan infeksi dan meningkatkan kualitas tidur. Cukup seduh teh herbal yang kamu suka dan tambahkan madu sebagai pemanis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *