TRIPTIPS

Punya Rencana Liburan Bareng Hewan Peliharaan, Ini Tipsnya

Trippers.id – Terkadang kita harus membatalkan liburan atau tidak menikmati liburan karena mencemaskan hewan peliharaan yang ada di rumah. Memang benar, hewan peliharaan seperti anjing dan kucing tidak bisa terpisahkan dari pecinta binatang.

Bahkan ketika sedang pergi bekerja atau jalan-jalan santai dengan teman-teman, pasti kepikiran hewan peliharaan. Catty lagi apa, sudah makan belum, hal-hal seperti itu kadang terpikirkan pecinta hewan.

Setelah dipikir-pikir, bukankah akan luar biasa jika kita bisa merencanakan perjalanan dengan hewan peliharaan. Ini akan menghilangkan kekhawatiran dan kecemasan hewan peliharaan di rumah.

Namun sebelum berlibur, ada beberapa tips merencanakan liburan bersama hewan peliharaan yang dilansir trippers.id dari traveldailynews. Berikut ulasannya:

Pemeriksaan Medis

Sebelum merencanakan tempat dan reservasi untuk pergi bersama, diperlukan pemeriksaan medis lengkap dan menyeluruh dari hewan peliharaan. Hal tersebut untuk memastikan bahwa binatang kesayangan cocok untuk perjalanan.

Untuk melakukan perjalanan melalui bentuk apapun, selain kendaraan pribadi, diperlukan sertifikat medis yang ditulis oleh dokter hewan yang menyatakan bahwa hewan peliharaan tersebut cocok untuk bepergian.

Perencanaan yang matang

Perencanaan mulai dari moda transportasi mana yang akan digunakan, hingga pemesanan akomodasi memegang peranan yang sangat penting. Diperlukan pengetahuan menyeluruh tentang jalur kereta api, lintasan udara hingga jalan raya.

Penting untuk memahami pedoman seperti persyaratan usia minimum, dokumen perjalanan yang relevan, instruksi pemberian makanan hewan peliharaan dan sebagainya. Melakukan penelitian menyeluruh membantu memastikan pengalaman perjalanan yang bebas repot.

Pelatihan untuk bepergian

Sama seperti manusia, hewan peliharaan juga menderita mabuk perjalanan. Sebelum memulai perjalanan, disarankan untuk melatih hewan peliharaan untuk perjalanan, dengan membawa mereka dalam perjalanan panjang.

Jika tidak mampu untuk melatih binatang kesayangan supaya tidak mabuk di perjalanan saat liburan maka libatkan pelatih. Biasanya mereka akan membawa hewan peliharaan masuk ke dalam kendaraan dan berkendara dari rute yang dekat hingga jauh.

Akomodasi

Sebelum memulai perjalanan, diharuskan untuk menemukan akomodasi yang tepat. Ada sejumlah hotel dan resor ramah hewan peliharaan.

Meneliti tempat yang tepat untuk tinggal dan mengetahui apa yang ditawarkan sangat membantu  merencanakan liburan yang tepat. Dianjurkan untuk memesan tempat yang memiliki halaman rumput atau ruang kosong, sehingga hewan peliharaan dapat berkeliaran dengan bebas.

Tas Khusus Hewan Peliharaan

Saat bepergian dengan hewan peliharaan, perlu untuk membawa tas terpisah yang terdiri atas barang-barang milik hewan peliharaan. Mangkuk makanan, makanan yang layak, aksesori hewan peliharaan, mainan, obat-obatan atau kotak P3K dan barang-barang lainnya.

Tempat wisata

Ada banyak tempat wisata yang tidak memungkinkan pengunjung untuk datang bersama dengan hewan peliharaan mereka. Dalam kasus seperti itu, mungkin saja terjadi bahwa hewan peliharaan harus ditinggalkan di kamar hotel sampai kamu menyelesaikan tur.

Dianjurkan agar kamu meminta staf hotel untuk merawat hewan peliharaan. Berikan jadwal kapan diberi makan serta berikan obat jika hewan kamu sakit. (Ipg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *