TRIPTIPS

Hobi Diving? Kamu Harus Perhatikan 4 Hal Ini!

Trippers.id – Indonesia memiliki kekayaan bawah laut yang luar biasa indah. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Indonesia hanya demi melihat keindahan bawah lautnya.

Kamu bisa memilih beberapa cara untuk menikmati hasil kekayaan negeri kita ini, salah satunya dengan menyelam atau diving. Berbeda dengan snorkeling yang hanya bisa melihat dari permukaan air laut saja, diving perlu kriteria-kriteria khusus.

Buat kamu yang belum pernah menyelam, kamu harus memperhatikan beberapa hal seperti di bawah ini.

1. Harus punya lisensi atau didampingi instruktur khusus

Dengan banyaknya peralatan yang dibutuhkan saat menyelam, kamu harus berlatih dahulu dengan alat-alat tersebut. Sekarang banyak tempat pelatihan untuk diving, kok.

Kamu akan mendapatkan sertifikat dari latihanmu itu. Jika kamu tidak punya lisensi, paling tidak kamu harus memliki instruktur khusus yang mendampingi selama menyelam.

Melalui instruktur tersebut, kamu akan memperoleh banyak informasi tentang bagaimana cara menyelam yang aman. Patuhi semua aturannya biar menyelam tetap aman dan nyaman.

2. Sebelum menyelam, perhatikan kondisi fisik

Ini syarat utama sebelum kamu menyelam menikmati keindahan bawah laut. Selain membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi, menyelam juga membutuhkan stamina yang kuat. Tidurlah yang cukup dan makan yang teratur sebelum menyelam, supaya staminamu tetap terjaga.

3. Periksa kembali keamanan alat

Sebelum menyelam, kamu akan dikenalkan dengan peralatan menyelam yang akan kamu pakai. Pastikan lagi semua peralatan itu bisa berfungsi dengan baik.

4. Usahakan bisa berenang

Meski diving dilengkapi pelampung yang aman, sebaiknya kamu tetap menguasai kemampuan dasar berenang. Kalau tidak, minimal kamu terbiasa dengan air.

Pasalnya, seringkali kita merasa panik ketika sudah di dalam air. Nah, terkena serangan panik rawan membahayakan kita ketika berada di dalam air. Jadi usahakan latihan tenang dan sabar ya.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum diving, supaya aman dan nyaman selama prosesnya. Sudah ada gambaran mau diving ke mana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *