TRIPTIPS

Baru Kerja ? Kamu Harus Kenali 5 Tipe Boss dan Cara Menghadapinya (Seri-3)

Trippers.id – Selama masih menjadi karyawan sebuah perusahaan maka kamu harus siap menghadapi atasan dengan berbagai tipe karakter. Dengan mengenali berbagai tipe bos, diharapkan kamu tidak hanya bekerja untuk mereka, tapi juga bisa bekerja bersama mereka. Kira-kira bos Mamas yang nomor berapa ya?

1. Bos Otoriter

Ciri khasnya adalah ia suka berteriak saat marah dan merasa dirinya selalu benar. Bos seperti ini memang kerap membuat karyawannya stres karena ia tidak bisa menerima alasan apapun yang diajukan bawahannya. Mungkin kamu termasuk salah satu wanita karier yang punya atasan tipe ini.
Cara menghadapinya? Bila kamu adalah tipe orang yang mau menerima semua perkataannya tanpa ada ‘perlawanan’, maka kamu bisa bertahan dengannya. Tapi bila kamu berusaha berargumen dengannya dan ia akan merasa kamu seolah mengguruinya, maka karier kamu tidak akan mulus di perusahaannya.

2. Bos Pengontrol

Bos satu ini sebetulnya hampir mirip dengan bos otoriter. Ia merasa, bahwa jabatan profesional paling tinggi di dunia adalah seorang bos seperti dirinya. Atasan tipe ini seolah ingin mengontrol semua keadaan, sekalipun ia sedang tidak di kantor. Kamu harus siap menjawab email/telepon/sms/WhatsApp/BBM darinya kapan pun!
Cara menghadapinya? Menurut orang tipe ini, disiplin adalah segalanya. Jadi, kalau kamu selalu siap menjawab semua pertanyaannya melalui semua sarana komunikasi kamu dengannya, dijamin kamu berdua bisa bekerjasama. Bos tipe ini juga senang menerima pujian dan akan menghargai kamu yang lebih sering menyanjungnya.

3. Bos “Jadi-jadian”

Biasanya bos tipe ini sebetulnya tak punya kemampuan untuk menjadi atasan yang sebenarnya. Umumnya, posisi ini diterima karyawan yang naik jabatan namun tidak dengan kualifikasi yang baik. Mungkin ia adalah ‘bawaan’ Bos Besar di perusahaan kamu, atau Si Penjilat yang naik pangkat dengan cara ‘spesial’. Bisa dibilang bos ‘jadi-jadian’ ini merupakan public enemy di kantor yang sering digosipkan karena banyak pekerjaan yang tak beres dibuatnya.
Cara mengatasinya? Tipe bos yang akan berterima kasih pada karyawan yang dengan senang hati membantunya menyelesaikan pekerjaan yang tidak bisa dilakukannya. Bila kamu bisa mengambil ‘hati’nya dengan menolongnya mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik, maka kamu bisa bekerjasama dengannya.

4. Bos yang Gemar Memerintah

Orang tipe ini memiliki ego yang tinggi dan gemar memerintah. Bos seperti ini percaya bahwa dengan memberikan tekanan kepada karyawan maka ia akan dianggap sebagai orang yang paling dihormati dan dihargai.
Cara menghadapinya? Cara terbaik mengatasi bos tipe ini adalah dengan menjalankan setiap perintahnya dengan sebaik mungkin. Jangan coba untuk menolak semua saran yang ia berikan karena ia tak segan untuk menganggap kamu sudah ‘berani’ dengannya.

5. Bos yang Memberi Pengaruh Baik

Ini adalah tipe bos yang ideal untuk menjadi seorang atasan. Bos tipe ini bisa menjalankan tanggung jawabnya dengan bagus dan bisa menjalin hubungan baik dengan seluruh karyawannya. Ia juga sangat profesional dalam menilai performa karyawan, bukan berdasarkan like or dislike. Trippers dapat ‘mencuri’ ilmu dari bos seperti ini karena ia tidak segan untuk membagi pengetahuannya kepada bawahannya. Ia juga bisa diajak berdialog dan bersedia menerima masukan dari karyawannya dan tak malu mengakui kesalahan seandainya ia memang kurang teliti dalam bekerja.
Cara menghadapinya? Selama kamu bisa menunjukkan performa kerja yang maksimal, maka orang seperti kamu akan disukainya. Tapi, berhati-hatilah, jangan sampai kamu terlalu ‘belagu’ sehingga lupa menempatkan diri sebagai bawahan. Meskipun ia sangat menghargai karyawannya, ia kurang suka dengan bawahan yang bersikap ‘sok akrab’.

Tetap semangatt yaa Trippers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *