TRIPTIPS

5 Tips Jadikan Berkebun Sebagai Kegiatan yang Menyenangkan

Trippers.id – Berkebun tidak melulu soal lahan yang besar dan lapang, pekarangan samping rumah dengan luas terbatas pun bisa banget kamu jadikan secret garden yang ditanami berbagai macam bunga dan sayuran organik.

Ada berbagai teknik yang bisa diterapkan untuk kamu yang memiliki pekarangan minimalis, seperti square foot garden, vertikultur, aeroponik, hidroponik atau tabulampot. Nah, ikuti beberapa langkah berikut agar waktu berkebunmu semakin enjoyable.

1. Anggap sebagai hobi

Foto : suarapalu.com

Sebuah hal yang wajar, bila kamu merasa ragu atau tidak percaya diri saat berkebun untuk pertama kali. Beberapa orang bisa saja langsung merasa nyaman saat melakukannya, tapi ada pula yang justru menganggapnya sebagai beban pekerjaan rumah.

Nah maka itu, lakukanlah dengan rasa senang dan sungguh-sungguh. Anggap ini merupakan hobi baru yang ingin kamu dalami, serta jangan paksakan dengan batas kemampuan yang dimiliki. Pilihlah metode yang sekiranya mudah bagi pemula.

2. Nikmati interaksi dengan alam

Foto : www.liputan6.com

Ini penting banget loh! Seringkali kamu lupa untuk memahami dan menikmati aktivitas yang sedang dilakukan. Luangkan waktumu sepenuhnya dengan alam. Lihat sekelilingmu, tanaman bunga yang cantik ditemani dengan kicauan burung di pagi hari.

Semua momen ketika berkebun yang secara tidak sadar akan membuatmu semakin bersyukur dan bahagia. Dengan begitu, tingkat stres pun bisa lebih mudah untuk dikendalikan ya Trippers.

3. Tinggalkan gadget kamu

Foto : joss.co.id

Terbiasa hidup dengan teknologi, membuat manusia semakin sulit untuk melepaskan benda kecil satu ini, yakni gadget. Terlalu banyak menerima pesan singkat, e-mail dan panggilan masuk, justru akan menghambat proses kamu untuk fokus saat berkebun.

Apalagi bagi para pemula, tentunya ada berbagai teknik menanam yang membutuhkan konsentrasi penuh agar dapat tumbuh dengan baik. Maka itu, tinggalkan dulu gadget kamu ya!

4. Ajak keluarga untuk berkebun bersama

Foto : creativeparentingways.blogspot.com

Berkebun bisa lebih terasa menyenangkan bila dilakukan bersama-sama baik itu dengan teman, keluarga atau mungkin tetangga yang juga mempunyai ketertarikan sama perihal berkebun.

Selain bisa berbagi ilmu-ilmu baru, momen seperti ini pun bisa meningkatkan hubungan kamu dengan terkasih yang lebih kuat. Kalau kamu sudah punya anak, berkebun juga bisa mengajari mereka untuk lebih mengenal kehidupan.

5. Nikmati Hasil Kebunmu

Foto : juragancipir.com

Bergembiralah di saat panen! Jadikan momen ini sebagai suatu pencapaianmu agar menambah rasa percaya diri untuk melakukannya lebih giat. Berbagai jenis sayuran organik pun bisa kamu jadikan bahan santap hidangan sehat, sekaligus berhemat.

Gimana? Semakin percaya, ‘kan kalau gardening is the best way to release stress effectively dibandingkan harus travelling dan menghabiskan banyak biaya? Yuk, terapkan mulai sekarang dan jangan lupa share pengalaman berkebun kamu, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *