TRIPTIPS

5 Cara Meredam Kepanikan, Dijamin Bikin Lebih Tenang!

Trippers.id – Saat sedang panik atau cemas, apalagi di situasi yang tidak bisa dikendalikan, banyak orang yang cenderung nggak bisa berpikir logis dan merasa cemas. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi kepanikanmu :

1. Ambil jeda sejenak dari apapun yang sedang dilakukan saat ini

Panik atau cemas pasti sekarang lagi dialami oleh banyak orang. Apalagi di situasi seperti ini, lebih sering di rumah aja juga bikin kamu banyak pikiran. Coba berhenti dulu dari apa yang kamu lakukan jika kepanikan mulai melanda. Jangan ditambah memikirkan hal lain yang justru bikin kamu makin panik.

2. Minum dulu biar lebih adem

Nggak cuma itu. Coba pastikan kamu juga harus minum air mineral yang cukup, agar kamu bisa merasa lebih tenang dan adem. Di saat kamu panik, tubuh kamu bisa jadi lebih panas. Nah, biar sehat kembali, minum air mineral dulu nih buat berangsur-angsur mengembalikan suhu tubuhmu ke suhu normal. Minum air mineral bisa bantu tubuh kamu kembali adem dan terasa lebih sehat untuk melanjutkan aktivitasmu tanpa panik atau overthinking lagi. Yuk semangat yuk!

3. Coba atur nafasmu

Biar kamu nggak makin panas, mulai deh atur nafas kamu dulu. Kamu bisa mulai dengan mencoba tarik nafas panjang dan keluarkan lagi selama beberapa kali. Kalau perlu kamu bisa mencari ruangan terbuka agar udaranya lebih segar ya.

4. Alihkan pikiran dengan melakukan olahraga ringan

Saat sedang panik kita menjadi sulit fokus, maka dari itu kita butuh jeda sebentar untuk membebaskanmu dari hal yang bikin kamu panik. Salah satu caranya adalah dengan mengalihkan pikiran ke aktivitas-aktivitas fisik seperti olahraga ringan. Beberapa jenis olahraga ringan yang bisa kamu coba misalnya seperti yoga, pilates, atau dance. Mudah ‘kan untuk terbebas dari rasa panik?

5. Berikan batasan waktu jika kamu mulai overthinking

Beri batasan pada diri sendiri agar overthinking-mu tidak berkepanjangan. Semua hal pasti balik ke dirimu sendiri. Maka dari itu, mulai susun strategi harus apa, dan cari jalan keluarnya. Kamu pasti bisa!

Nah, sudah merasa lebih baik sekarang? Yang terpenting, jangan sampai kamu terlalu lama panik ya, dan jangan lupa untuk minum air mineral yang cukup agar kamu bisa menjalani hari dengan lebih tenang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *