TRIPFOOD

6 Menu Rumahan dengan Saus Tiram, Enak Banget!

Trippers.id – Selain rempah khas nusantara yang memanjakan lidah, terdapat pelengkap masakan lain yang tak kalah nikmatnya yaitu aneka saus berbagai rasa. Saus ini bisa berasal dari adaptasi berbagai negara, seperti saus asam manis khas Tiongkok, saus pedas ala Korea atau yang paling sering ditemui ialah saus tiram dalam menu harian masyarakat Indonesia.

Kali ini kita akan membahas berbagai ide masakan dengan saus tiram sebagai pelengkapnya. Didominasi rasa manis dan gurih, bisa dinikmati berbagai kalangan usia nih!

1. Cah kangkung

Foto : www.idntimes.com

Kangkung dan saus tiram sudah seperti surat dan perangko yang tak terpisahkan. Gak ada yang bisa menolak sensasi nikmatnya nasi hangat dan cah kangkung saus tiram. Walaupun sederhana tapi sayur ini bisa bikin nambah terus saat makan. Cara bikinnya juga gampang banget, gak lebih dari 5 menit. Bumbunya cukup terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai hijau, dan saus tiram.

2. Cumi

Foto : www.dapurkobe.co.id

Gak hanya kangkung yang lezat ditumis dengan saus tiram tapi juga ada bahan lainnya, yaitu cumi. Cumi saus tiram termasuk resep yang mudah dicoba dan tidak perlu banyak bumbu, bahan-bahannya terdiri dari cumi segar, saus tiram, bawang bombay, bawang putih, jahe, cabai hijau, saus sambal, daun bawang dan kecap manis. Kamu bisa mencoba versi yang lebih pedas dengan menambahkan cabai rawit.

3. Kerang

Foto : www.masakapahariini.com

Baik itu kerang hijau atau kerang dara, perpaduan kerang dan saus tiram merupakan yang paling nikmat. Kerang dengan teksturnya yang kenyal dan lembut dapat menyerap bumbu saus tiram yang gurih.

Selain langsung dinikmati, kerang saus tiram juga bisa dibakar. Kerang saus tiram juga biasa dimasak dengan gabungan makanan laut yang lain, seperti udang, kepiting atau lobster.

4. Pokcoy

Foto : www.dapurkobe.co.id

Pokcoy atau yang juga dikenal sebagai bok choy ini umumnya menjadi menu favorit di restoran Tiongkok. Ada olahannya yang paling populer dan disukai banyak orang, tidak lain adalah tumis pokcoy bawang putih dengan saus tiram.

Bawang putih yang ditumis disajikan di atas pokcoy yang sudah matang dengan tekstur sedikit krispi. Dengan rasa yang tidak terlalu pahit pokcoy cocok dimakan untuk anak kecil yang tidak suka sayur sekalipun.

5. Ayam Oriental

Foto : www.idntimes.com

Ayam oriental dimasak dengan bumbu saus tiram dan minyak wijen sehingga rasa yang dihasilkan sangat nikmat. Ada pula campuran saus oriental dengan lemon atau ayam oriental pedas manis alias ayam kuluyuk.

Nah, tinggal disesuaikan sama selera kamu deh mau menu ayam dengan cita rasa seperti apa. Yang terpenting adalah ayam tepung yang dipotong kecil-kecil dan saus tiram sebagai bahan utamanya.

6. Tofu

Foto : genevievelyons.com

Olahan yang lembut dan begizi ini gak boleh terlewatkan, tofu saus tiram bisa jadi alternatif mudah buat kamu yang bingung mau masak apa hari ini. Cuma dengan modal tofu, saus tiram, daun bawang, wijen dan minyak wijen, kamu sudah bisa menciptakan menu makan siang yang enak dan bisa disantap seluruh anggota keluarga. Anak-anak bahkan susah banget lho
menolak nikmatnya tofu yang bikin ketagihan ini.

Beberapa menu di atas tadi cocok banget dijadikan referensi masak harian buat kamu yang bingung mau masak enak tapi gak mau ribet. Dengan sentuhan saus tiram yang gurih, bahan apa saja bisa disulap jadi istimewa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *