TRIPFOOD

6 Camilan Ini Bisa Temani Aktivitas Kamu Dirumah!

Trippers.id – Makin meningkatnya kasus Covid-19 alias virus corona membuat para ahli menyarankan masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Mulai dari aktivitas belajar mengajar hingga pekerjaan, kini dilakukan di dalam rumah secara daring.

Banyak melakukan aktivitas di dalam rumah tentunya asupan nutrisi akan tergerus juga oleh tenaga dan waktu. Maka dari itu, berikut ini ada tujuh pilhan camilan daerah yang mudah dibuat dan bisa dijadikan teman lidah saat beraktivitas di dalam rumah.

1. Ketan Bintul

Foto : www.suara.com

Jadi primadona makanan saat ramadan tiba, ketan bintul merupakan camilan gurih mengenyangkan yang berasal dari Banten. Usai dimasak dengan santan, ketan dikukus hingga matang yang kemudian diberi taburan serundeng.

Meski makanan ini hanya ada pada saat bulan suci saja. Bahan dan cara pembuatannya yang sederhana, pastinya dapat kalian praktikkan sendiri di rumah.

2. Engkak Ketan

Foto : cookpad.com

Populer di Palembang dan Lampung, cara pembuatan engkak ketan sama dengan kue lapis. Perbedaanya terletak pada bahan pembuatannya. Engkak ketan terbuat dari bahan yang terdiri dari tepung ketan, telur, santan, gula pasir, kelapa parut, dan mentega.

Jangan sedih jika tidak memiliki oven listrik! Kalian bisa memanggangnya dengan oven kompor.

3. Martabak Aceh

Foto :cookpad.com

Bila martabak rumahan yang punya isi daun bawang kulitnya digunakan sebagai pembungkus. Martabak aceh, kulitnya yang dibentuk persegi ditimpa dengan adonan telur yang di dalamnya telah diracik dengan beragam isian mulai dari irisan daun bawang, udang, dan daging ayam, kemudian digoreng.

Martabak aceh nikmat disajikan dengan acar atau kuah kari. Namun, bila kalian punya stok saus sambal botol di rumah. Itu juga dapat digunakan sebagai pelengkap alternatif.

4. Sanggara Belanda

Foto : www.youtube.com

Selain pisang epe yang jadi camilan enak asal Sulawesi. Kalian mesti coba untuk membuat dan mencicipi pisang belanda. Eits, ini bukan pisang asal Belanda ya!

Memang diperkenalkan pada masa kolonial Belanda. Sanggar belanda terbuat dari pisang raja yang digoreng dan dibelah tanpa putus pada bagian tengahnya, lalu diisi dengan kacang tanah tumbuk yang dicampur mentega dan gula pasir.

5. Rujak Natsepa

Foto : travelingkuy.com

Nama camilan segar ini didapat dari salah satu pantai eksotis di Ambon, yaitu Natsepa. Rujak natsepa seringnya menggunakan isi yang terdiri dari kedondong, pepaya, jambu, nanas, belimbing, dan ubi jalar, yang diguyur dengan saus kacang.

Serupa dengan lotis buah khas Solo, bedanya rujak natsepa menggunakan gula aren sebagai bahan pembuatan sausnya.

6. Kue Bantal

Foto : cookpad.com

Biasanya abang pedagang kaki lima menjualnya dengan cakwe. Jika kalian tidak menemukannya di sekitar rumah, buat saja sendiri. Mudah, kok. Bahan kue bantal sendiri sama seperti umumnya kue dengan menggunakan tepung terigu dan bahan lainnya, yang kemudian digoreng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *