TRIPFOOD

5 Menu Buka Puasa Favorit Orang Indonesia

Membahas makanan buka puasa ketika sedang menjalankan ibadah menahan lapar dan haus akan menjadi momen yang menyiksa untuk beberapa orang. Pasalnya, membayangkan makanan dan minuman yang lezat memang bikin perut makin keroncongan.

Walau begitu, tidak ada salahnya membahas menu buka puasa, terutama ketika kamu memasak untuk orang rumah. Berikut makanan yang bisa kamu lihat!

5 Menu Buka Puasa Favorit Orang Indonesia

Seperti yang Pins ketahui kalau ada begitu banyak makanan buka puasa yang bisa dibuat. Selain melihat foto-foto di bawah ini, Pins bisa mencoba mengkreasikan menu di bawah ini, lho!

Berikut menu buka puasa favorit orang Indonesia.

1. Es Blewah

(Wikimedia Commons)

Es blewah adalah menu buka puasa yang sering kita temui di bulan Ramadhan. Selain sering dijadikan takjil di rumah, minuman menyegarkan ini cukup sering dijajakan di jalanan maupun kios-kios favoritmu.

Membuat es blewah bukanlah hal yang sulit. Kamu hanya perlu menyerut atau memotong buah blewah yang sudah kamu beli.

Cara paling sederhana ada meletakkan potongan atau serutan buah blewah tadi di gelas, kemudian diberi air, gula dan es. Pins juga bisa menambahkan sirup atau susu, sesuai dengan selera.

2. Kolak

makanan buka puasa
(Wikimedia Commons)

Kolak merupakan salah satu menu buka puasa favorit orang Indonesia. Pada dasarnya, menu ini merupakan sebuah hidangan yang menjadikan kuah santan dengan gula aren sebagai dasarnya.

Kolak memiliki banyak varian isi, dari singkong, roti, labu, pisang, bola-bola tepung tapioka, nangka hingga durian. Selain banyak dibuat di rumah, menu ini adalah menu yang umum ditemui untuk ditawarkan di pasar-pasar tumpah.

Kolak biasanya juga menjadi menu yang ada di masjid-masjid yang menyediakan menu berbuka puasa gratis.

3. Gorengan

(Wikimedia Commons)

Dari pisang goreng, tahu isi, bakwan hingga tempe mendoan, semuanya adalah makanan favorit untuk buka puasa. Kalau memutuskan makan gorengan, pastikan minum air putih yang banyak, Pins!

4. Jajan Pasar

makanan buka puasa
(Wikimedia Commons)

Aneka kue serta jajan pasar menjadi salah satu menu favorit. Terlebih bagi orang yang tidak ingin langsung memakan makanan berat.

Banyak sekali pilihan jajanan pasar yang cocok dijadikan menu berbuka puasa. Beberapa diantaranya adalah kue bolu, kue lumpur, nagasari, kue lapis dan risoles.

5. Es Buah

(Pixabay)

Makanan buka puasa yang satu ini tidak jarang membuat orang menelan ludah ketika tidak sengaja melihatnya di siang hari. Boleh dikatakan menu ini adalah salah satu menu buka puasa favorit saat Ramadhan karena rasanya yang manis dan menyegarkan.

Kuah dari es buah biasanya dibuat dari bahan-bahan seperti sirup, air, susu kental manis, dan es batu. Kamu bisa memilih beragam buah sebagai isian dari menu yang satu ini.

——————————————

Sumber : pinhome.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *