TRIPFOOD

5 Makanan Tradisional Sunda yang Khas dan Terkenal Maknyuss !

Haloo Trippers !

Kawasan Jawa Barat dan sekitarnya yang sering disebut dengan nama “Sunda” memiliki banyak sekali keistimewaan, salah satunya adalah berbagai macam kulinernya berupa makanan tradisonal. Makanan tradisional yang berasal dari daerah ini Sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Di pembahasan kali ini akan diuraikan beberapa jenis makanan tradisional yang enak yang akan membuat kita ketagihan.
Berikut di bawah ini 5 macam makanan tradisional Sunda yang rasanya sangat enak yang sayang sekali jika sampai kamu lewatkan :

1. Nasi Tutug Oncom

Sumber Foto : www.masakapahariini.com

Oncom adalah nama dari salah satu jenis bahan makanan yang biasanya hanya ada di daerah Jawa Barat. Dari oncom ini, bisa dibuat berbagai macam menu makanan yang lezat, contohnya adalah nasi tutug oncom.
Mungkin sebagian besar orang terutama mereka domisilinya bukan di tanah Sunda belum mengerti atau mengetahui apa itu yang dimaksud dengan kata “tutug”. Tutug dalam bahasa Sunda artinya tumbuk. Jadi sebelum ditanak berasnya ditumbuk terlebih dahulu dengan oncom yang sudah dibakar.
Setelah ditumbuk, barulah berasnya dimasak sampai matang. Nasi tutug oncom biasanya akan terasa semakin nikmat jika disantap selagi masih hangat. Terlebih lagi kalau disandingkan dengan berbagai macam lauk yang juga bakalan mengundang selera, seperti ayam goreng, bebek goreng, tempe goreng dan tahu goreng.
Nasi tutug oncom beserta lauk pauknya tersebut akan lebih sempurna lagi apabila disertai dengan beragam jenis lalapan, antara lain timun, daun kemangi, kol, terong bulat dan kacang panjang, khas Jawa Barat. Paling akhir, nasi tutug oncom akan menjadi hidangan yang istimewa kalau ditambah dengan sambal, bisa itu berupa sambal terasi, sambal bawang atau sambal bajak.
Sebenarnya daerah asal dari nasi tutug oncom ini adalah Tasikmalaya. Namun seiring dengan waktu karena tidak hanya penduduk Tasikmalaya melainkan banyak warga Jawa Barat yang menyukainya, nasi tutug oncom akhirnya menjadi makanan tradional khas tanah Sunda.

2. Karedok

Sumber Foto : www.masakapahariini.com

Kalau anda berkunjung ke Jawa Barat, jangan sekali-sekali melewatkan untuk mencicipi makanan tradisional yang sangat terkenal ini. Bagi kamu yang senang sekali akan sayuran, karedok menjadi makanan yang sangat cocok untuk kamu nikmati.
Karedok terdiri dari berbagai macam sayuran yang mentah namun segar, di antaranya timun, kol dan terong hijau. Dimakannya dengan mengggunakan bumbu kacang yang sangat gurih rasanya. Karedok akan bertambah nikmat rasanya jika disantap dengan nasi, ditambah dengan tahu goreng dan kerupuk. Seperti biasa yang dilakukan oleh orang-orang Sunda.

3. Empal Gepuk

Sumber Foto : cookpad.com

Kalau kamu termasuk ke dalam golongan orang yang menyukai masakan asli Indonesia, tentunya sudah mengerti dengan empal. Empal adalah daging sapi yang diiris agak tipis, yang dicampur dengan bermacam-macam bumbu, selanjutnya digoreng.
Di Jawa Barat mengenalnya dengan nama “Empal Gepuk”. Campuran dari irisan daging sapi yang sudah digepuk dengan beraneka bumbu dan kelapa yang diparut, digoreng sampai renyah. Akan terasa lebih nikmat jika memakannya dengan nasi yang masih mengepul hangat, sambal beserta lalapan yang lengkap, khas Sunda.

4. Soto Bandung

Sumber Foto : food.detik.com

Soto memang sudah menjadi makanan kesukaan orang banyak. Di Indonesia ini banyak sekali terdapat sajian soto, yang membawa ciri khas daerahnya masing-masing. Demikian pula halnya dengan soto yang ada di tanah Sunda, khususnya di ibu kota Jawa Barat, di Bandung.
Soto Bandung memiliki kekhasannya sendiri, yakni dibuatnya dari thethelan daging sapi. Di samping itu untuk menambah cita rasa masakannya, berbagai macam rempah turut serta dimasukkan, di antaranya bawang merah, bawang putih, batang serai, merica, lengkuas dan jahe.
Soto Bandung akan lebih enak disantap jika ditambah dengan taburan kacang kedelai dan bawang goreng serta irisan seledri dan lobak. Supaya bisa menambah nafsu makan, bisa diberikan sambal disertai dengan perasan jeruk nipis.

5. Baso Tahu

Sumber Foto : cookpad.com

Baso tahu menjadi salah satu makanan tradisional Sunda yang sudah melegenda, yang wajib dicicipi. Dinamakan baso tahu karena makanan ini wujudnya adalah tahu yang di dalamnya diisi adonan ikan menyerupai bakso, kemudian dikukus.
Selanjutnya dalam penyajiannya, baso tahu ini dicampur dengan saus kacang yang rasanya gurih, ada pedasnya sedikit. Bagi orang banyak di luar masyarakat Sunda, menyebut baso tahu ini sebagai siomay. Agar lebih bervariasi, bukan hanya baso tahu yang dihidangkan, melainkan juga ada telur rebus, kentang rebus, kol rebus dan pare rebus. Bagi penyuka rasa pedas, bisa menambahkannya dengan sambal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *