TRIPFOOD

5 Makanan Nikmat dari Riau

Menikmati suatu makanan khas dari suatu daerah tentulah sangat nikmat, apalagi jika Anda mencicipinya langsung di kota asalnya. Memang seperti yang Anda ketahui jika negara Indonesia, sangat kaya akan ragam kulinernya yang mampu menghipnotis dan juga memanjakan lidah siapa saja, Termasuk juga Anda.

Nah salah satu kuliner yang wajib untuk Anda coba adalah makanan khas Riau. Nah bagi Anda yang saat ini ingin berkunjung dan juga menghabiskan waktu liburan Anda bersama keluarga di Provinsi Riau, maka berikut beberapa daftar menu atau juga makanan khas Riau yang tidak boleh untuk Anda lewatkan.

1. Gulai Ikan Patin

travelnatic.com

Tahukah Anda jika provinsi Riau ini terkenal dengan gulai ikan patinnya. Nah tentu saja gulai yang satu ini sangat cocok untuk Anda nikmati bersama keluarga Anda, baik itu untuk santap siang Anda dan juga santap malam. Gulai ikan patin ini merupakan makanan khas Riau yang sudah sangat terkenal akan kelezatannya.

Anda juga tidaklah perlu khawatir karena Anda bisa dengan mudah untuk menemukan gulai yang satu ini disetiap restoran yang ada di Riau. Gulai yang satu ini sangatlah khas karena kuahnya berwarna kuning pekat dan juga kental.

Makanan khas Riau yang satu ini akan sangat nikmat juga jika Anda menyantapnya dengan nasi hangat dan juga sayur ubi yang direbus.

2. Nasi Lemak

nyonyacooking.com

Apakah Anda pernah mendengar nasi lemak? Ya dari Provinsi Riau lah nasi lemak ini berasal. Selain itu makanan khas Riau yang satu ini juga bisa dengan mudah Anda temukan di negara Malaysia, Brunai Darussalam., dan juga Singapura.

Nasi yang satu ini sangatlah cocok sebagai menu sarapan Anda dipagi hari. Nasi ini juga sangat gurih, hal ini karena nasi lemak ini dimasak dengan menggunakan santan dan juga menggunakan daun pandan sebagai penambah aroma harum nasi ini.

Biasanya lauk pauk yang melengkapi nasi lemak ini adalah berupa ikan teri goreng, telur sambal, dan juga beberapa irisan mentimun.

Selain beberapa menu pelengkap tersebut, maka nasi ini juga biasanya didampingi dengan tempe, daging, sayur kacang panjang dan masih banyak lagi menu lainnya yang bisa Anda santap.

3. Miso

makanan khas riau

asiknyaberbagipku.blogspot.co.id

Masih banyak lagi makanan khas Riau yang bisa untuk Anda cicipi.Nah bagi Anda yang pencinta segala jenis mie, maka Anda wajib mencoba makanan yang satu ini yaitu miso. Tahukah Anda jika miso ini merupakan makanan yang terbuat dari olahan tepung yang menjadi mie kuning dan juga mie putih.

Selain ini miso ini juga memiliki kuah yang sangat segar dan juga gurih, yang juga dilengkapi dengan beberapa pelengkap seperti ayam yang disuwir- suwir, tahu kering, kerupuk kulit ayam dan juga dilengkapi dengan tulang ayam serta sayuran sawi yang sudah direbus.

 

4. Mie Sagu

makanan khas riau

phinemo.com

Ada olahan mie yang sangat unik dan juga kreatif dari provinsi Riau ini. Jika biasanya Anda menikmati mie yang terbuat dari tepung terigu, maka berbeda halnya dengan di Riau ini, karena Anda juga bisa menikmati dan juga mencicipi mie yang terbuat dari olahan tepung sagu.

Makanan khas Riau yang satu ini menjadi makanan yang sering sekali diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Riau. Bagi Anda yang sedang dalam program diet maka mie yang satu ini cocok sekali untuk Anda coba dan mie sagu ini juga sangatlah aman untuk Anda yang penderita penyakit diabetes, hal ini karena kadar gula didalam tepung sagu ini tidaklah tinggi jika dibandingkan dengan tepung lainnya.

Mie sagu ini juga sangatlah nikmat karena dilengkapi dengan menu ikan teri sambal goreng, tauge rebus dan juga daun kucai. Selain nikmat mie sagu ini juga sangatlah kaya akan nilai gizi dan juga nutrisinya.

5. Roti Jala

makanan khas riau

amaliayunus.wordpress.com

Makanan khas Riau lainnya yang juga terbuat dari olahan tepung terigu adalah roti jala. Roti ini sangatlah nikmat jika Anda santap pada sore hari sebagai cemilan Anda bersama keluarga. Tahukah Anda jika pada awalnya roti jala ini hanya dihidangkan pada saat acara- acara pesta saja.

Namun sekarang Anda bisa dengan mudah untuk menemuinya disetiap sudut kota Riau. Roti ini biasanya dilengkapi dengan kuah berupa kuah kari baik kari daging sapi maupun kari ayam, kambing. Selain kuah kari tersebut maka Anda juga bisa menikmati makanan khas Riau yang satu ini dengan siraman saus atau juga kuah durian.

 


Sumber : Reni | GoTravelly.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *