TRIPFOOD

5 Makanan Khas Jepang Tanpa Ikan yang Juga Gak Kalah Lezat

Trippers.id – Dari berbagai negara di dunia, Jepang terkenal sebagai negara pengonsumsi ikan. Biasanya, ikan-ikan tersebut diolah menjadi sushi atau sashimi.

Meski makanan berbahan ikan menjadi kuliner andalan Negeri Sakura. Kuliner non ikan khas Jepang juga gak kalah enak, lho! Apakah kamu pernah mencoba semuanya? Berikut, lima kuliner non ikan yang dimaksud.

1. Sukiyaki

Foto : cookpad.com

Berbahan irisan daging sapi dan sayuran, sukiyaki adalah makanan rebusan yang menggunakan bumbu berupa kecap asin, arak jepang, dan gula. Sekilas mirip shabu-shabu, daging sapi pada sukiyaki biasanya diiris lebih tebal.

Sayuran pada sukiyaki biasanya terdiri dari jamur shitake, jamur shirataki, daun bawang, dan daun krisan. Supaya makin nampol, tak jarang yang menambahkan mi dan tofu.

2. Tonkatsu

Foto : www.koreanbapsang.com

Bagi kamu yang mengonsumsi daging babi, cobain lezatnya tonkatsu. Kuliner yang dilengkapi dengan irisan kubis serta saus mustard, ini sama pembuatannya seperti chicken katsu. Perbedaannya pada bahan, karena tonkatsu menggunakan irisan daging babi.

3. Jingisukan

Foto : japandeluxetours.com

Kuliner ini cukup populer di wilayah Hokkaido sejak Era Meiji. Jingisukan merupakan makanan yang terinspirasi dari kaisar Mongolia, yaitu Genghis Khan yang mengonsumsi daging domba.

Jingisukan tak lain adalah barbeku daging domba yang disajikan bersama sayuran seperti paprika, aspargus, jagung, jamur, dan lainnya. Makanan ini sering dikonsumsi saat musim dingin karena menikmati jingisukan cukup menghangatkan tubuh.

4. Negima yakitori

Foto : www.thespruceeats.com

Negima yakitori merupakan satai khas Jepang yang terbuat dari daging ayam. Negima yakitori hampir mirip dengan dakkochi Korea Selatan yang mana ayam ditusuk bersama daun bawang.

Perbedaannya pada saus yang digunakan karena satai ini menggunakan saus yakitori.

5. Kaki furai

Foto : www3.nhk.or.jp

Selain diolah menjadi sup, kerang tiram nikmat juga disajikan menjadi kaki furai. Makanan ini tak lain adalah kerang tiram yang digoreng menggunakan tepung roti. Sama seperti chicken katsu yang disajikan bersama pelengkap berupa irisan kubis dan saus tartar.

Itu tadi lima kuliner khas Jepang non ikan yang dapat kamu pilih ketika sedang tidak ingin makan ikan. Ada yang pernah kamu coba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *