TRIPFOOD

5 Makanan Khas Jawa Timur yang Harus Banget Dicoba!

Trippers.id – Bicara soal makanan, tak lengkap rasanya jika tidak menyebut daerah Jawa Timur sebagai salah satu surga kuliner di Indonesia. Apalagi untuk yang sudah pernah mencoba masakan khas Jawa Timur di daerah aslinya, dijamin pasti kangen dan ingin kembali lagi. Berikut 5 menu masakan khas Jawa Timur yang menjadi favorit bagi wisatawan yang datang. Mana yang pernah kamu coba?

1. Pecel

Foto : www.qraved.com

Menu yang satu ini rasanya cukup terkenal di telinga kita. Ya, pecel adalah makanan khas Jawa Timur, tepatnya dari daerah Blitar dan Kediri, yang menyajikan beberapa sayuran kemudian dibumbui dengan saus kacang gurih yang lezat. Bayam, kangkung, daun singkong, kacang panjang, dan juga kecambah adalah sayuran yang biasanya ada dalam kuliner satu ini. Tambahan lain untuk membuat rasa pecel makin nikmat adalah telur asin, tempe goreng dan yang pastinya adalah keripik rempeyek. Cocok banget, kan, untuk dinikmati sebagai menu sarapan sehat?

2. Rawon

Foto : www.tribunnews.com

Salah satu menu kuliner khas Jawa Timur lainnya yang sering dirindukan adalah rawon. Menu ini terkenal karena warna kuah cokelat kehitaman yang berasal dari salah satu bumbu dapur yaitu keluwak. Biasanya, rawon berisikan nasi dengan irisan daging sapi, telur asin, kecambah, bawang goreng dan sambal. Rasa rawon akan semakin nikmat jika kamu menyantapnya dengan kerupuk udang atau kerupuk bawang. Pasti akan lebih menggugah selera dan bikin kepingin nambah!

3. Rujak cingur

Foto : craftlog.com

Rasanya sebagian besar dari kita sudah pernah mendengar atau bahkan mencoba menu yang satu ini. Ya, rujak cingur adalah rujak yang berisikan cingur atau irisan mulut sapi. Selain itu, isian rujak cingur biasanya juga dilengkapi dengan sayuran seperti taoge, kangkung, timun lontong dan juga tahu.

Tidak seperti rujak buah, bumbu rujak cingur merupakan perpaduan dari petis atau pasta berwarna cokelat yang terbuat dari udang, cabai, gula merah dan kacang tanah yang telah digoreng. Bahan-bahan tersebut kemudian akan diulek dan ditambah sedikit air. Dijamin kalau rasanya akan semakin nikmat dan membuat kamu ketagihan.

4. Soto lamongan

Foto : craftlog.com

Sesuai dengan namanya, soto lamongan memang berasal dari kota Lamongan, Jawa Timur. Tapi jangan salah, menu yang satu ini termasuk makanan yang mudah ditemukan di berbagai daerah luar Jawa Timur, lho. Isian pada menu soto lamongan hampir sama dengan soto pada umumnya yang terdiri atas suwiran daging ayam, irisan jerohan ayam, telur rebus, mi sohun dan sayuran seperti kecambah dan kubis. Namun, perbedaan soto amongan dengan soto yang lain ada pada tambahan bubuk koya di atasnya. Koya merupakan bubuk yang terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih. Bubuk koya ini yang membuat cita rasa dari soto lamongan semakin gurih dan lezat.

5. Rujak soto

Foto : id.wikipedia.org

Buat yang pernah ke kota Banyuwangi pasti tahu atau pernah dengar tentang masakan unik ini. Keunikan rujak soto sesuai dengan namanya, rujak dan soto yang digabung dalam satu mangkok. Meskipun terkesan aneh, tapi jangan remehkan rasa masakan yang satu ini, ya.

Rujak soto berisikan dua menu makanan, yaitu rujak sayur dan soto babat yang dicampur menjadi satu. Biasanya, pada saat penyajian, saus kacang yang ada pada rujak ditata sedemikian rupa sehingga tidak bercampur dengan kuah soto. Barulah ketika kita mau menyantapnya, saus kacang yang gurih itu akan perlahan larut dalam kuah soto yang lezat. Nikmat banget, deh, pokoknya. Kalau ke Banyuwangi jangan lupa beli rujak soto, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *