TRIPFOOD

5 Makanan Khas Bali Kekinian

Siapa yang tidak mengenal Bali, pulau kecil yang memiliki bermacam wisata kuliner makanan khas dan menjadi surga bagi para wisatawan baik dari lokal maupun mancanegara. Berbagai hal menarik bisa Anda lakukan mulai dari bersantai, bermain di pantai, hingga keliling menikmati kuliner Bali yang nikmat.

Tidak sedikit Paket Wisata Bali yang menawarkan wisata kuliner sebagai salah satu aktivitas yang bisa dilakukan selama liburan di Bali. Paket ini akan sangat memudahkan wisatawan terutama yang beragama Islam untuk bisa menikmati makanan Bali dengan tenang.

Biasanya wisatawan akan diantarkan untuk mencicipi berbagai macam makanan khas Bali halal. Bila Anda penasaran apa saja makanan tersebut, simak 18 rekomendasi makanan halal khas Bali berikut ini:

5 Makanan Khas Bali Kekinian

Bubur Mengguh

Bubur Mengguh

Bubur Mengguh merupakan variasi bubur ayam yang hanya bisa Anda dapatkan di Bali dan wajib untuk Anda coba saat berkunjung. Sekilas bubur ini memang terlihat seperti bubur ayam namun dengan isian dan cara memasak yang sedikit berbeda.

Hidangan ini berasal dari Buleleng dan bisa Anda temukan dengan mudah di Desa Tedjakula atau rumah makan khas Bali. Satu porsi Bubur Mengguh khas Bali ini biasa dibanderol dengan harga Rp10.000,00 hingga Rp15.000,00 tergantung tempatnya.

Sate Languan

Sate Languan

Bila Anda ingin mencoba versi lain dari Sate Lilit dan dijamin halal, Sate Languan merupakan pilihan yang tepat. Sate ini menggunakan daging ikan seperti ikan tongkol atau ikan tenggiri sebagai bahan utama pembuatan sate.

Sate Languan sangat populer di daerah pesisir terutama di Kabupaten Klungkung dan bisa Anda nikmati di Warung Mertha Sari Klungkung. Harga Sate Languan biasa dijual sekitar Rp20.000,00 dengan isian beberapa tusuk sate lengkap dengan sambal dan lainnya.

Nasi Tepeng

Nasi Tepeng

Nasi Tepeng merupakan menu sarapan khas Bali yang wajib Anda coba ketika mengunjungi Bali terutama daerah Gianyar. Ciri khas dari Nasi Tepeng ini adalah teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih pedas mirip dengan rasa nasi uduk.

Nasi Tepeng ini bisa dengan mudah Anda temukan di pasar-pasar tradisional daerah Gianyar maupun sekitarnya seperti di Pasar Senggol Gianyar. Untuk harganya, Nasi Tepeng dibanderol mulai dari Rp10.000,00 hingga Rp15.000,00 tergantung dengan lauk yang dipilih.

Bulung Buni Kuah Pindang

Bulung Buni

Bali yang terkenal sebagai daerah pesisir menawarkan banyak menu unik berasal dari laut salah satunya Bulung Buni Kuah Pindang. Makanan khas Bali ini dikenal juga dengan Rujak Bulung dan menggunakan rumput laut hijau sebagai bahan utama.

Bulung Kuah Pindang bisa Anda temukan di sejumlah rumah makan khas Bali di setiap daerah terutama daerah pesisir. Biasanya Bulung Buni Kuah pindang ini dijual dengan harga sekitar Rp8.500,00 hingga Rp15.000,00 per porsinya.

Sudang Lepet

Sudang Lepet

Sudang Lepet mungkin tidak setenar Makanan Khas Bali lain seperti Ayam Betutu, namun olahan ikan asin ini patut dicoba. Makanan khas Buleleng ini sering kali disajikan sebagai lauk pelengkap untuk menikmati nasi hangat dan juga lauk lainnya.

Salah satu tempat terbaik untuk bisa menikmati Sudang Lepet ini adalah Rumah Makan Pondok Asri Buleleng atau Desa Sengit. Dengan harga Rp10.000,00 Anda sudah bisa mendapatkan 6 ekor Sudang Lepet besar atau 10 Sudang Lepet kecil mentah.


Sumber : https://salsawisata.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *