LatestTRIPFOOD

5 Kuliner Andalan Pulau Belitung

Trippers – Pulau kecil di selatan Sumatera yang memiliki pesona batu granit raksasa dengan hamparan garis pantai yang memesona. Apa lagi kalau bukan Pulau Belitung. Pulau yang terkenal karena Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ini memiliki daya tarik wisata terutama wisata kulinernya yang melegenda.

Wistawan yang melancong ke Belitung belum sah kalau perutnya belum terisi dengan kuliner khas dari tanah timah ini. Apa saja sih kuliner yang menjadi langganan wisatawan sepanjang masa ini? Yuk langsung kita simak!

1. Mie Atep

Foto: indoblognet.com

Berada di Jl. Sriwijaya No. 27 Tanjung Pandan Belitung, warung mie ini menyajikan mie khas Belitung yang akan mengoyang lidahmu. mie kuning yang disiram engan kuah kaldu udang, ditambah dengan potongan kentang dan taburan udang rebus menambah kenikmatan mie ini.

2. Belitong Timpo Duluk

Foto: indonesia.travlr.com

Merasakan makan kuliner khas Belitung dengan nuansa lawas bisa kita lakukan di warung makan yang satu ini. Berada di Jalan Lettu Mad Daud No. 22, Kampung Parit, Tanjung Pandan, kita bisa mencoba sensasi cara makan tradisional dengan cara bedulang. Menu-menu yang disajikan di sini cukup beragam mulai dari gangan laut, gangan darat, sambal serai, ikan bebulus, hingga ayam bumbu ketumbar. Minumannya juga terbilang unik, karena d sini menyediakan es hamoi atau es jeruk yang diberikan asinan buah persik.

3. Rumah Makan Berage

Foto: indonesia.travlr.com

Sesuai namanya, berage yang berarti berkumpul dan berkelakar bersama keluarga, rumah makan ini memang cocok untuk menikmati hidangan khas Belitung bersama keluarga. Memiliki menu andalan gangan kepala ikan, rumah makan yang berada di Jl. Raya Sijuk No. 31, Air Merbau, Tanjung Pandan ini akan membuat liburanmu di Belitung menjadi tak terlupakan.

4. Andini Resto

Foto: id.wikipedia.org

Bila kamu berasal dari Jawa dan ingin mencari kuliner dengan citarasa Jawa. Kamu bisa menjajal kuliner di Andini Resto. Berada di Jl. Kulong Minyak Desa Lalang, Manggar, Belitung Timur, restoran ini menyajikan menu ingkung ayam, bistik jawa hingga penyetan. Selain makanannya Andini Resto juga memiliki minuman andalan berupa teh poci khas Tegal yang bikin santap siangmu berasa di Jawa.

5. Malioboro

Foto: selera.com

Loh? di Belitung ada Malioboro? Jangan kaget dulu, Trippers. Malioboro ini merupakan nama dari warung makan yang menjadi idaman di Belitung Timur. Warung makan yang berada di Jalan Jendral Sudriman, Kurnia Jaya, Manggar, Belitung Timur ini menyajikan menu-menu seperti ayam geprek dan ayam penyet. Kalau Trippers menjajal kuliner ini, kamu harus merasakan kelezatan ayam gepreknya yang pedesnya nyampe ubun-ubun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *