TRIPFOOD

5 Kue Manis Khas Sulawesi Selatan

Trippers.id – Membahas kuliner nusantara emang gak ada habisnya. Dari Sabang sampai Merauke, masing-masing daerah mempunyai makanan khasnya masing-masing, salah satunya di Sulawesi Selatan. Banyak kue menggugah selera yang bisa kamu temui baik di pasar tradisional ataupun hasil olahan dari rumah sendiri.

Untuk kamu pencinta rasa manis, 5 kue berikut ini bisa kamu coba sebagai teman berbuka puasa ataupun saat sahur.

1. Pallu butung

Foto : cookpad.com

Makanan satu ini bisa jadi salah satu pilihan untuk berbuka puasa. Bahan utama untuk membuatnya pun murah dan mudah dibuat. Kamu cukup menyiapkan pisang raja, santan kelapa, tepung terigu, gula pasir, garam, vanili, dan sirup DHT.

Pallu butung dapat disajikan hangat ataupun dingin sesuai selera, ya!

2. Taripang

Foto : cookpad.com

Kue sederhana berbentuk lonjong agak pipih ini adalah camilan khas Bugis. Bahan untuk membuatnya ialah tepung beras ketan, gula aren, garam, dan minyak untuk menggoreng. Kamu bisa dengan mudah mencoba membuatnya di rumah, lho!

3. Barongko

Foto : cookpad.com

Kue satu ini salah satu makanan wajib saat hajatan atau acara lainnya oleh masyarakat Bugis-Makassar. Barongko adalah kue tradisional yang terbuat dari pisang yang dihancurkan dan dicampur telur dan santan lalu dikukus dan daun pisang. Teksturnya yang lembut dan manis sangat cocok untuk teman berbuka puasamu.

4. Onde-onde

Foto : medium.com

Jenis makanan satu ini jadi kue penting saat hajatan atau acara adat Bugis-Makassar. Onde-onde terbuat dari tepung ketan yang dibulatkan dan diberi isian umumnya berupa gula aren, bisa juga isian lain sesuai selera. Kue ini juga enak disajikan bersama teh atau kopi hangat.

5. Songkolo Bandang

Foto : www.pinterest.co.uk

Satu lagi kue yang berbahan dasar pisang. Sangat sederhana, songkolo bandang adalah camilan khas Bugis yang terdiri atas kombinasi pisang dan singkong serta taburan kelapa parut. Biasanya, kue ini disajikan dalam keadaan hangat bersama teh.

Untuk kamu yang bosan dengan olahan pisang yang itu-itu saja saat berbuka, songkolo bandang bisa jadi pilihan.

Nah, itulah beberapa kue khas Sulawesi Selatan yang rasanya manis dan tentunya sangat recommended di bulan Ramadan ini. Mana yang bakal kamu coba duluan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *