Latest

Rayakan Tahun Baru di Semeru

Hai sobat Trippers…. Merayakan malam tahun baru di lereng gunung, adalah opsi yang menarik juga loh. Yuk, simak pengalaman teman-teman kita yang berkesempatan merayakan tahun baru di Danau Ranu Kumbolo yang berlokasi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

* * * * *

Kami  berangkat dari Jakarta bersama ke 6 teman naik kereta pulang pergi dengan bajet Rp 218.000 per orang atau Rp 109.000 sekali jalan, Menuju stasiun Malang. Setelah sampai di Stasiun Malang Kami bertemu dengan rombongan lain yang menuju Semeru juga. Perjalanan dilanjutkan dengan menyewa mobil angkot dari Stasiun Malang – pasar tumpang, dengan kisaran harga per 1 mobil sekitar Rp. 130.000,- atau Rp. 17.000,-. Rombongan kami bergabung dengan rombongan lain jadi total 8 orang, sehingga biaya sewa menjadi lebih murah broo…

Team kami yang berisi 6 orang akan merayakan akhir tahun baru di Ranu Kumbolo, dan kami para team harus mendaftar agar bisa bisa menikmati suana malam tahun baru dengan tenang.

Ranu Kumbolo adalah sebuah danau air tawar yang sering menjadi tempat transit bagi para pendaki Gunung Semeru. Danau ini terletak di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut. Danau Ranu Kumbolo juga merupakan sumber air bersih bagi para pendaki gunung semeru. Dengan debit air yang berlimpah, danau ini juga menjadi tempat berkumpulnya para pendaki untuk berkemah. 

Ranger mengingatkan agar para pendaki mematuhi peraturan, menggunakan jalur pendakian yang resmi, dan membawa bekal memadai. “Termasuk persiapan fisik, agar bisa mendaki Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini. Kami memulai pendakian pada pukul lima sore. Perjalanan untuk mencapai Ranu Kumbolo membutuhkan waktu kurang lebih 4 – 5 jam tergantung kecepatan langkah kakimu saja bro.

Sesampainya di Ranu Kumbolo, kami sangat senang karna terbayar sudah, rasa lelah mendaki hampir 5 jam lebih. Pemandangan danau yang indah membuat para pendaki lain pun ikut bahagia bersama, kami pulai mulai berbaur dengan pendaki lain dan merayakan tahun baru bersama. Disini lah kita akan banyak mengenal banyak orang baru. Jadi tidak hanya merayakan tahun baru, kami pun di sini juga mendapat teman baru sesama pendaki yang menikmati indahnya Ranu Kumbolo di Lereng Mahameru. 

Trippers tertarik? Yuk persiapkan diri untuk pendakian di akhir tahun ini.

Penulis : Alfian Dwi Rizki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *