LatestTRIPWORLD

Destinasi Wisata Terbaik di Jeddah

Trippers.id – Untuk Trippers yang memiliki rencana mengunjungi Tanah Suci untuk beribadah ataupun sekedar ziarah bersama keluarga, selain Mekkah dan Madinah, Jeddah juga merupakan salah satu destinasi tempat yang layak untuk dikunjungi.

Salah satu daya tarik utama obyek wisata di Jeddah adalah banyaknya tujuan wisata religi dan juga sejarah, ada banyak juga sarana serta wahana rekreasi yang menjadikan Jeddah salah satu tujuan wisata para Jamaah selepas menunaikan ibadah Haji ataupun Umroh.

Penasaran dengan ragam obyek wisata yang ada di Jeddah? Berikut rekomendasi tujuan wisata terbaik di Jeddah yang kerap jadi pilihan favorit wisatawan!

1. Laut Merah dan Masjid Ar Rahmah

Destinasi tempat wisata di Jeddah
Sumber gambar: Dream

Berbatasan langsung dengan Laut Merah, jelas tepian dari laut yang erat dengan kisah Nabi Musa membelah laut dan menenggelamkan pasukan Firaun ini menjadi salah satu destinasi wisata di Jeddah yang paling populer.

Tak hanya keindahan dari kawasan pesisir yang berbatasan langsung dengan megahnya kota Jeddah, salah satu daya tarik di tepian Laut Merah adalah keberadaan Masjid Ar Rahmah yang dikenal juga sebagai masjid terapung karena berdiri kokoh di atas permukaan air laut di tepi pantai.

2. Masjid Qisas

Destinasi tempat wisata di Jeddah
Sumber gambar: Sindonews

Selain Masjid Ar Rahmah, ada pula Masjid Qisas yang memiliki nama Masjid Syeikh Ibrahim Al-Juffali yang kerap menjadi salah satu pilihan destinasi wisata ziarah ketika berada di Jeddah.

Julukan Masjid Qisas sendiri didapat karena di lokasi inilah hukuman Qisas atau hukuman pancung dilakukan, tepatnya di halaman seluas 15 x 15 meter yang berada di samping bangunan masjid.

3. Fakkieh Aquarium

Destinasi tempat wisata di Jeddah
Sumber gambar: Flickr

Untuk Trippers yang mengunjungi Jeddah bersama keluarga dan anak-anak, alternatif obyek wisata di Jeddah yang bisa dikunjungi adalah Fakkieh Aquarium yang merupakan tempat budidaya dari berbagai biota laut yang ada di Laut Merah.

Tempat wisata di Jeddah satu ini merupakan akuarium terbesar yang ada di Arab Saudi dan menjadi rumah bagi lebih dari 200 species biota laut. Menarik, bukan?

4. Pantai Silver Sands

Destinasi tempat wisata di Jeddah
Sumber gambar: Viva

Ingin bersantai-santai sejenak di Kota Jeddah? Cobalah mampir ke Pantai Silver Sands yang terkenal akan hamparan pasirnya yang sangat halus dan bersih. Ditemani panorama permukaan air laut yang sangat jernih berwarna biru kehijauan, obyek wisata di Jeddah satu ini menjadi tempat yang tepat untuk sejenak melepas kepenatan.

5. Fakieh Planetarium

Destinasi tempat wisata di Jeddah
Sumber gambar: Fakieh Planetarium

Destinasi tempat wisata di Jeddah selanjutnya adalah Fakieh Planetarium, pilihan wisata edukatif yang menarik untuk Toppers yang berkunjung ke Jeddah bersama keluarga.

Berbagi macam informasi dan edukasi seputar benda-benda angkasa serta alam semesta bisa Toppers jelajahi di Fakieh Planetarium yang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan teknologi canggih sehingga menambah seru pengalamanmu selama berada di obyek wisata di Jeddah satu ini.

6. Air Mancur King Fahd

Destinasi tempat wisata di Jeddah
Sumber gambar: Pixabay

Menjulang tinggi di tepian Laut Merah, Air Mancur King Fahd atau dikenal juga dengan nama lain Jeddah Fountain ini merupakan salah satu landmark Jeddah yang salah untuk Trippers lewatkan.

Memancur deras hingga ketinggian 200 meter, pancuran dari Air Mancur King Fahd bisa terlihat bahkan dari sisi lain kota Jeddah, lho! Untuk bisa melihat lebih dekat air mancur tertinggi di dunia ini, kamu bisa mengunjungi Meeza International Tourism Service yang juga berfungsi sebagai pusat informasi turis.

7. Al Balad

Sumber gambar: Arab News

Mengunjungi Jeddah takkan lengkap tanpa melakukan wisata sejarah. Salah satu sisi kota Jeddah yang menyimpan sejarah serta jejak budaya yang sangat menarik adalah Al Balad, salah satu kota bersejarah yang masuk dalam daftar UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Menelusuri setiap sudut Al Balad, Toppers akan dibuat terpesona oleh indahnya arsitektur khas dari rumah-rumah Naseef. Mengunjungi tempat wisata di Jeddah ini, kamu juga bisa mampir ke souk atau pasar tradisional di Al Balad yang menjual berbagai macam hal.

8. Museum Al Tayyibat

Destinasi tempat wisata di Jeddah
Sumber gambar: Arab News

Satu lagi destinasi wisata di Jeddah yang menawarkan kekayaan sejarah dan budaya yang ada di Kota Jeddah, yakni Museum Al Tayyibat yang berada dalam kawasan Desa Budaya Hejazi.

Di museum ini, berbagai koleksi benda bersejarah yang berkaitan dengan budaya yang ada di Arab Saudi mulai dari arsitektur, pakaian adat dan berbagai benda yang mencerminkan gaya hidup di masa lampau.

9. Makam Siti Hawa

Destinasi tempat wisata di Jeddah
Sumber gambar: Viva

Alternatif tujuan wisata di Jeddah lainnya adalah Makan Siti Hawa, wanita pertama yang ada di Bumi. Kompleks pemakaman ini berada di Distrik 1 Al-Ammereyah dan dikelilingi oleh tembok marmer yang tinggi,

Salah satu sisi dari tembok-tembok ini dibatasi pagar dan dijaga oleh penjaga. Namun Toppers masih bisa melihat beberapa makam yang ada di dalam kompleks tersebut meskipun tidak ada yang tahu pasti diantara semua makan tersebut, yang mana merupakan makan dari Siti Hawa.

Itulah beragam pilihan tempat wisata di Jeddah yang bisa Toppers kunjungi saat menunaikan perjalanan ibadah Haji ataupun Umroh. Agar perjalanan ibadah sekaligus wisata religi maksimal, mulai rencana traveling lebih praktis lewat Aplikasi Tokopedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *